alexametrics

Cegah Penyalahgunaan Data, DeBio Network Gandeng KILT Protocol

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Cegah Penyalahgunaan Data, DeBio Network Gandeng KILT Protocol
Ilustrasi dokter / tenaga medis / tenaga kesehatan (pixabay/DarkoStojanovic)

DeBio Network dan KILT Protocol mengumumkan kolaborasi untuk memasukkan Kredensial KILT ke dalam platform DeBio Network.

Suara.com - DeBio Network dan KILT Protocol mengumumkan kolaborasi untuk memasukkan Kredensial KILT ke dalam platform DeBio Network yang mengutamakan anonimitas untuk data medis dan bioinformatika.

KILT akan berfungsi sebagai dasar dari infrastruktur akreditasi, yang memungkinkan laboratorium dan fasilitas biomedis untuk menanamkan kredensial pada hasil tes medis, hasil perunutan genom, dan kolaborasi antar lab.

"DeBio Network dirancang untuk mencegah penyalahgunaan data genetik, pelanggaran privasi dan keamanan, dan praktik penjualan data genetik tanpa persetujuan. Kami menerapkan teknologi transformatif - kerangka kerja blockchain Substrate, protokol identitas KILT dan penyimpanan desentralisasi IPFS - untuk memenuhi misi ini," kata Pandu Sastrowardoyo, penggagas DeBio Network dalam keterangan persnya, Selasa (18/5/2021).

Setelah membangun prototipe di Ethereum, DeBio Network beralih ke Substrate untuk mendapatkan keuntungan dari integrasinya yang mulus dengan Polkadot, protokol yang dapat diskalakan dan dapat dioperasikan.

Baca Juga: Pedoman CDC Terkait Izin Lepas Masker Setelah Vaksin Dinilai Membahayakan

DeBio Network bertujuan untuk meluncurkan Polkadot parachain akhir tahun ini dan bermaksud untuk bermitra dengan beberapa proyek ekosistem Polkadot termasuk KILT.

KILT adalah protokol blockchain yang memungkinkan model bisnis inovatif dan agnostik industri seputar identitas.

KILT bermaksud untuk memberikan DeBio Network mekanisme untuk mengeluarkan kredensial yang dapat dibatalkan dan diverifikasi yang memastikan privasi dan keamanan data.

"Dalam membangun platform yang mengutamakan anonimitas, DeBio Network mengubah interaksi medis bagi konsumen - benar-benar pendekatan Web3, yang penting untuk mendorong digitalisasi sektor perawatan kesehatan," kata Ingo Rübe, pendiri KILT Protocol dan CEO BOTLabs GmbH.

"Memasukkan kredensial yang dapat diverifikasi melalui KILT memberi pengguna anonimitas yang diperlukan untuk data pribadi tersebut, menambahkan lapisan kepercayaan yang memberi pengguna kendali atas informasi kesehatan mereka," ucapnya.

Baca Juga: Pil Pahit Nakes RSD Wisma Atlet: Gaji Tak Dibayar, Mulut Dipaksa Bungkam

Persyaratan penyimpanan juga merupakan elemen penting untuk platform DeBio Network, karena beberapa file perurutan genom dapat mencapai ukuran lebih dari satu gigabit.

Komentar