alexametrics

Tol Serang- Panimbang Dongkrak Kawasan Wisata Tanjung Lesung

Iwan Supriyatna
Tol Serang- Panimbang Dongkrak Kawasan Wisata Tanjung Lesung
Tol Serang- Panimbang Dongkrak Kawasan Wisata Tanjung Lesung. (Dok: Istimewa)

Ia pun berharap Tol Serang- Panimbang Seksi I bisa berjalan lancar. Sebab keberadaan Tol Serang-Panimbang ini memberi dampak yang besar.

Suara.com - JalanTol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung siap diresmikan Agustus tahun ini.  Hal ini menyusul progres konstruksi seksi tersebut yang sudah mencapai 96,63 persen.

Sementara Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 Cileles-Panimbang diproyeksikan rampung Agustus 2023. Kedua seksi itu masing-masing telah mencapai progres konstruksi sebesar 75 persen dan 64,21 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan, dengan terbangunnya akses jalan tersebut, maka akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata.

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata," katanya, dikutip dari Antara, di Jakarta, baru-baru ini

Baca Juga: Wabub Pandeglang Tanto Minta Tanjung Lesung Masuk Program Skala Prioritas KEK Lagi

Pangkas waktu tempuh perjalanan

Menanggapi hal itu, Poernomo Siswoprasetijo selaku Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) mengapresiasi kerja keras Kementerian PUPR, dan pihak terkait yang melakukan pembangunan, seperti Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Wijaya Karya Serang Panimbang WSP, Astra Infra Solutions (AIS). Karena itu artinya selama ini pengerjaan proyek Tol Serang-Panimbang terus berjalan meski di tengah pandemi.

Ia pun berharap Tol Serang- Panimbang Seksi I bisa berjalan lancar. Sebab keberadaan Tol Serang-Panimbang ini memberi dampak yang besar. Di mana ruas ini akan membuka kesempatan ekonomi dan pembangunan yang besar untuk kawasan Banten, dan bakal memunculkan pusat ekonomi baru dan menumbuhkan kawasan pariwisata, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung di dalamnya.

“Semoga proyek Tol Serang-Panimbang Seksi I berjalan lancar dan bisa beroperasi sesuai rencana. Karena jika sudah bisa dibuka, Tol Serang- Panimbang Seksi I akan mempercepat waktu perjalanan wisatawan menuju Tanjung Lesung. Apalagi kalau selesai sampai seksi 3, waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Lesung hanya sekitar 2 jam," terangnya, di Menara Batavia, lantai 25, Jakarta Pusat, Rabu (16/7/2021).

Persiapan-persiapan Tanjung Lesung

Baca Juga: Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I Mulai Fungsional Mulai Lebaran 2021

Banten West Java pun terus menyiapkan diri, baik dari fasilitas maupun dengan menambah daya tariknya, meski di tengah masa pandemi. Tujuannya, agar saat Tol Serang-Panimbang Seksi I dibuka, dan pandemi telah mereda, Tanjung Lesung bisa memberi keamanan, kenyamanan dan pengalaman menarik bagi wisatawan yang datang.

Komentar