alexametrics

Kemnaker Tetap Salurkan Bantuan Subsidi Upah Meski Level PPKM Diturunkan

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Kemnaker Tetap Salurkan Bantuan Subsidi Upah Meski Level PPKM Diturunkan
Menaker, Ida Fauziyah saat menyaksikan secara langsung pembukaan dan aktivasi rekening secara kolektif oleh Bank BRI bagi penerima BSU tahun 2021 untuk pekerja/buruh di PT L’essential, Tangerang, Banten, pada Kamis (16/9/2021).(Dok: Kemnaker)

Bantuan subsidi upah diyakini dapat memulihkan ekonomi.

Suara.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tetap masif menyalurkan bantuan subsidi gaji/upah (BSU) untuk para pekerja/buruh, meski level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai diturunkan. Seperti di wilayah Jawa-Bali yang sebelumnya amsuk pada level 4, kini berada di level 3.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan, hingga Kamis, (16/9/2021), total BSU tahun 2021 yang telah disalurkan kepada 4.611.816 pekerja/buruh. Rinciannya, 2.301.976 ditransfer langsung ke pekerja/buruh yang memiliki rekening Himbara dan 2.309.840 yang dilakukan penyalurannya melalui pembukaan rekening kolektif oleh Pemerintah. Khusus untuk Banten sendiri jumlah Penerima BSU sebanyak 214.308 pekerja/buruh dan lebih spesifik lagi untuk Tangerang Selatan jumlah penerimanya sebanyak 34.687 orang pekerja/buruh.

"Kami berharap kepada para Bank HIMBARA agar proses penyaluran BSU ini bisa rampung pada akhir bulan Oktober ini, maka dari itu untuk mempercepat penyalurannya Bank HIMBARA saat ini melakukan jemput bola terkait aktivasi pembukaan rekening," tutur Ida saat menyaksikan secara langsung pembukaan dan aktivasi rekening secara kolektif oleh Bank BRI bagi penerima BSU tahun 2021 untuk pekerja/buruh di PT L’essential, Tangerang, Banten, pada Kamis (16/9/2021).

Dari sejumlah 420 pekerja Perusahaan L’essential yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan, sebanyak 352 pekerja ditetapkan memenuhi syarat untuk mendapatkan Bantuan Subsidi Upah/Gaji yang disalurkan pada Tahap 3 di Bank BRI. Ida menjelaskan, penyaluran BSU untuk membantu pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Syarat Karyawan PHK Dapat BSU Rp 1 Juta dan Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN, Agus Noorsanto menyampaikan kebanggaannya dapat turut mensuskeskan program PEN yang salah satunya merupakan program bantuan subsidi upah.

"Sinergi kerja sama antara BRI dan Kemnaker terkait penyaluran BSU ini merupakan tahun kedua yang dimulai pada tahun 2020 dan 2021, di mana hingga hari ini total penyaluran dana yang telah di salurkan oleh BRI yakni sekitar 1,3 juta penerima BSU," katanya.

Komentar