alexametrics

Rincian Lengkap Biaya Hidup di Selandia Baru, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

M Nurhadi
Rincian Lengkap Biaya Hidup di Selandia Baru, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu!
Selandia Baru (Pixabay)

Selain bahasa yang mudah, Selandia baru bisa jadi alternatif jika pindah negara karena biaya hidup dan biaya pendidikan di Selandia Baru cukup terjangkau.

Suara.com - New Zealand atau Selandia Baru jadi salah satu negara favorit banyak orang karena pemandangan dan wisata alam yang luar biasa. Sebut saja Bay of Islands, Danau Taupo, Gunung Cook, Milford Sound, Lake Wanaka hingga Sky Tower. Berkat hal ini, tidak sedikit orang yang ingin tinggal di Selandia Baru.

Bisa jadi, anda salah satu orang yang tertarik untuk hijrah ke Selandia Baru. Selain bahasa yang mudah, Selandia baru bisa jadi alternatif jika pindah negara karena biaya hidup dan biaya pendidikan di Selandia Baru cukup terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut ini penjabaran estimasi biaya hidup di New Zealand yang harus kamu persiapkan, termasuk biaya pendidikan di sana, dikutip dari Lifepal --jaringan Suara.com.

Biaya Tempat Tinggal

Baca Juga: Universitas Cokroaminoto Makassar Terima Mahasiswa Baru, Ada Dari Malaysia

Untuk menetap di suatu wilayah, anda tentu membutuhkan tempat tinggal. Di Selandia baru, ada tiga pilihan tempat tinggal atau penginapan yang bisa kamu pilih, yakni tipe hall of residences, homestay, dan flatting, apa saja itu?

Hall of residences atau yang biasa kita sebut juga hostel. Penginapan jenis tersedia dalam dua jenis ruangan, yaitu single room atau twin share room. Baik single room maupun twin share room, keduanya sudah dilengkapi dengan perabotan-perabotan standar. Satu kekurangan dari tipe penginapan ini adalah letaknya yang cukup jauh dari kampus.

Kemudian, homestay, Bila kamu berencana untuk segera akrab dan membaur dengan orang-orang New Zealand, tentu tipe penginapan ini tepat sekali, kamu bisa langsung membiasakan diri dengan gaya hidup dan berkenalan dengan orang lokal. Pelajar atau mahasiswa berusia di bawah 18 tahun diwajibkan untuk tinggal homestay bersama penduduk setempat.

Selanjutnya Flatting atau apartemen. Cukup banyak mahasiswa yang memilih tipe penginapan flatting atau apartemen. Selain harganya yang terjangkau juga jaraknya dengan kampus yang cukup dekat. Beberapa perabotan standar seperti tempat cuci piring, mesin cuci dan pengering pakaian, hingga balkon atau taman sudah tersedia.

Anda cukup menyiapkan uang sebesar NZ$200 sampai NZ$300 atau setara dengan Rp2 juta per minggu untuk menyewa satu apartemen yang letak di Auckland, biaya di kota pinggiran tentu akan lebih murah.

Baca Juga: Jokowi : Mahasiswa Harus Paham Semuanya, Matematika, Statistika, Ilmu Komputer, Bahasa

Kamu bisa mendapatkan biaya sewa apartemen yang lebih murah dengan estimasi biaya NZ$120 sampai NZ$200 per minggu bila mencari apartemen di pinggiran kota.

Komentar