alexametrics

Bank BPD DIY Kerja Sama Bareng BI dan Dispar Mudahkan Pembayaran Aplikasi Visiting Jogja

M Nurhadi
Bank BPD DIY Kerja Sama Bareng BI dan Dispar Mudahkan Pembayaran Aplikasi Visiting Jogja
Aplikasi Visiting Jogja (playstore)

Dengan aplikasi berbasis sitem operasi Android tersebut, wisatawan dapat melakukan pemesanan tiket masuk destinasi wisata dengan mudah secara online.

Suara.com - Pariwisata DI Yogyakarta semakin membaik usai level PPKM diturunkan. Meski demikian, tetap diperlukan langkah preventif demi mencegah penyebaran Covid-19 yang masih harus diwaspadai.

Protokol kesehatan juga harus dimaksimalkan, dengan salah satunya menggunakan metode transaksi nontunai.

Menyadari hal ini, Bank BPD DIY bersama Bank Indonesia dan Dinas Pariwisata DIY meluncurkan layanan pembayaran non-tunai melalui aplikasi Visiting Jogja.

Dengan aplikasi berbasis sitem operasi Android tersebut, wisatawan dapat melakukan pemesanan tiket masuk destinasi wisata dengan mudah secara online.

Baca Juga: Belum Dibuka untuk Umum, Wisata Kota Tua Hanya untuk Warga Berolahraga

Penandatanganan kerja sama antara PT Bank BPD DIY dengan Dinas Pariwisata DIY dalam rangka pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di DIY sudah digelar beberapa waktu lalu.

Salah satu bentuk kerja sama ini adalah program integrasi aplikasi Visiting Jogja dengan QRIS BPD DIY, yakni penambahan menu sistem pembayaran dalam aplikasi Visiting Jogja untuk reservasi tiket secara online mlalui scan QRIS yang diterbitkan oleh Bank BPD DIY.

Disampaikan oleh Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, dalam rangka uji coba pembukaan tempat wisata di DIY pasca-PPKM, aplikasi Visiting Jogja menjadi solusi bagi pengelola destinasi wisata, mengingat salah satu syarat uji coba pembukaan destinasi wisata yaitu wisatawan dapat melakukan reservasi online.

“Hal ini memberikan kemudahan, keamanan, serta kenyamanan bagi wisatawan karena pembelian tiket dapat dilakukan sebelum berkunjung ke obyek wisata. Pembayaran juga dapat dilakukan secara online dan seketika [real time],” kata dia, dilansir dari Harian Jogja.

Usai melakukan reservasi tiket secara online dengan aplikasi Visiting Jogja, calon wisatawan akan menerima QRIS yang dapat diunduh dan otomatis tersimpan di galeri handphone.

Baca Juga: Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp5.924 Triliun, Pemerintah Janji Belanja Prioritas

Selanjutnya, wisatawan tinggal membuka aplikasi mobile banking Bank BPD DIY, mobile banking bank lain, atau aplikasi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) seperti fintech yang telah memiliki fitur scan QRIS.

Komentar