alexametrics

Janji Aksi Damai, Peternak dan BEM SI Bakal Geruduk Monas dan gedung DPR RI Besok Senin

M Nurhadi
Janji Aksi Damai, Peternak dan BEM SI Bakal Geruduk  Monas dan gedung DPR RI Besok Senin
Ilustrasi - Pekerja menata telur yang baru selesai dipanen disalah satu sentra peternakan ayam petelur di Blitar, Jawa Timur. Antara/Irfan Anshori

Aksi ini menuntut Pemerintah agar keadilan bagi para peternak ayam mandiri, yang selalu dihantui oleh ancaman monopoli perusahaan besar (korporasi) dan fluktuasi harga rugi.

Suara.com - Gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Indonesia (BEM SI) Kerakyatan dan peternak akan menggelar aksi gabungan secara damai di Taman Aspirasi Monas dan DPR RI pada Senin, 11 Oktober 2021.

Aksi ini menuntut Pemerintah agar keadilan bagi para peternak ayam mandiri, yang selalu dihantui oleh ancaman monopoli perusahaan besar (korporasi) dan fluktuasi harga rugi.

Disampaikan oleh Koordinator Lapangan dari UNPAD Firdaus Susanto, dalam polemik kasus unggas nasional selama 12 tahun belakangan, pengesahan UU Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, telah melegitimasi kuasa penuh untuk korporasi atau perusahaan integrasi yang kemudian memonopoli sektor perunggasan nasional.

"Hal itu berdampak pada hancurnya peternak rakyat mandiri, kami menimbang kronologi dan analisis peristiwa yang terjadi terhadap polemik perunggasan, menunjukan absennya negara dalam melindungi peternak rakyat mandiri," kata Firdaus dalam keterangan resminya, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: Dilarang Demo Alasan PPKM, Polisi Berpakaian APD Lengkap Cegat Massa BEM SI ke Gedung MK

Sementara, dikutip dari Warta Ekonomi, Ketua BEM Peternakan UNSOED, Usup menambahkan, Gabungan BEM akan menutut pemerintah agar menuntaskan polemik unggas nasional dalam aksi besok.

"Poin dalam Maklumat Mahasiswa, yaitu, mendesak Presiden terbitkan Perpres perlindungan peternak rakyat mandiri dan merevisi UU 18 Tahun 2009 j.o UU 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan," ungkapnya.

Berkaitan dengan hal ini, sebenarnya sudah ada pertemuan antara Presiden Jokowi dengan perwakilan peternak, yang menghasilkan empat arahan presiden.

Namun demikian, Usup mengaku, hal itu tidak semata-mata dapat menuntaskan fluktuasi harga dan kesenjangan ekonomi dalam polemik perunggasan nasional.

Senada, Koordinator BEM SI Jabodetabek dan Banten Rizky Al Farizie mengatakan, mahasiswa akan bersama peternak ayam mandiri menuntut hak keadilan kepada Pemerintah.

Baca Juga: Pajak Orang Kaya Makin Dinaikkan Guna Tingkatkan Pendapatan Negara

"Kami mahasiswa BEM SI bersama peternak ayam akan berjuang, menuntut keberpihakan Pemerintah kepada peternak ayam mandiri, pada 11 Oktober besok," katanya.

Komentar