facebook

Memperingati Sumpah Pemuda Dengan Semangat Membangun Negeri Dalam Keberagaman

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Memperingati Sumpah Pemuda Dengan Semangat Membangun Negeri Dalam Keberagaman
Diskusi publik virtual memperingati hari Sumpah Pemuda 2021 bertajuk ‘Semangat Membangun Negeri dalam Harmoni Keberagaman Indonesia’.

Hari Sumpah Pemuda, yang kini berusia 93 tahun merupakan momentum sejarah tonggak lahirnya Indonesia.

Suara.com - Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, Ph.D berpendapat hari Sumpah Pemuda, yang kini berusia 93 tahun merupakan momentum sejarah tonggak lahirnya Indonesia.

Nilai-nilai Sumpah Pemuda seyogianya menjadi motivasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Sumpah Pemuda juga dimaknai untuk mempertahankan kemerdekaan, kemandirian, kedaulatan, dan menerapkan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

Pandangan ini dikemukakan Prof. Ari Kuncoro dalam sambutannya pada diskusi publik virtual memperingati hari Sumpah Pemuda 2021 bertajuk ‘Semangat Membangun Negeri dalam Harmoni Keberagaman Indonesia’ yang digelar oleh Universitas Indonesia bekerjasama dengan Harmoni Indonesia.

Prof. Ari Kuncoro mengatakan, diskusi ini merupakan perwujudan sikap dalam rangka cinta tanah air Indonesia.

Baca Juga: Peringati Sumpah Pemuda, Anies Cs Tanding Bola Hadapi DPRD DKI di Lapangan Latihan JIS

“Saya berharap diskusi ini menjadi wadah dalam mentransfer pengetahuan dan menumbuhkan kembali wawasan sikap patriotisme bagi geneasi muda. Ini ajang berbagi pengalaman dari para pemuda Indonesia,” kata Ari Kuncoro ditulis Jumat (29/10/2021).

Ketua Harmoni Indonesia, Drs. Sidarto Danusubroto yang menjadi keynote speaker mengatakan, peringatan Sumpah Pemuda menjadi momen bagi generasi muda/mahasiswa untuk menumbuhkan nasionalisme dan semangat juang dalam meraih tujuan bangsa Indonesia, yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” serta menuju Indonesia Emas pada 2045.

Harmoni Indonesia sendiri merupakan sebuah wadah dan gagasan yang lahir untuk mengharmonisasi segala potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, yang fokus membantu menyiapkan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan saat ini dan masa depan sebagai bagian dari komuniti global.

Sidarto Danusubroto yang juga merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mengatakan, semangat para pemuda yang mencetuskan Sumpah Pemuda 93 tahun yang lalu harus menjadi energi positif para generasi penerus bangsa untuk memberikan kontribusi dan berperan aktif sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki, dalam membangun bangsa dalam harmoni keberagaman Indonesia.

“Keberagaman atau kebhinekaan Indonesia merupakan potensi dan kekuatan yang harus kita jaga dan rawat sehingga dapat memberikan keindahan dalam kehidupan masyarakat yang sangat majemuk,” ungkapnya.

Baca Juga: Gara-gara Lagu Indonesia Raya, Pemuda ini Diburu Polisi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang juga keynote speaker dalam acara tersebut mengajak kalangan pemuda untuk membangun kesadaran tentang keberadaan negara dengan latar belakang perbedaan terus dapat menjadi spirit seluruh warga bangsa khususnya para pemuda masa kini dan mendatang sebagai estafet kekuatan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar