facebook

Jababeka Dukung Inisiasi Bank Sampah Dahlia Desa MekarMukti Cikarang

Iwan Supriyatna
Jababeka Dukung Inisiasi Bank Sampah Dahlia Desa MekarMukti Cikarang
Bank Sampah Dahlia.

Jababeka mendukung pendirian bank sampah tersebut.

Suara.com - Sampah jadi berkah. Inilah yang mungkin ada dibenak para ibu di sekitar Perumahan Kedasih, Desa Mekarmukti- Kecamatan Cikarang Utara. Di mana mereka melakukan inisiasi untuk membentuk bank sampah yang bernama Bank Sampah Dahlia.

Harapannya, bisa tercipta lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bahkan juga bisa memberikan penghasilan tambahan dengan menyetorkan sampah yang sudah dipilah ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.

Melihat kondisi tersebut, Jababeka mendukung pendirian bank sampah tersebut. Itu karena sejalan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) Jabat Lingkungan, yang berupaya melestarikan lingkungan di sekitar kawasan. Adapun bantuan yang diberikan Jababeka berupa paket perlengkapan pendirian bank sampah, seperti timbangan, buku tabungan dan tong sampah.

Sementara itu para anggota Bank Sampah Dahlia melakukan sosialisasi pemilahan sampah organik dan anorganik. Di samping itu, pihak Bank Sampah Dahlia juga memulai Gerakan Rumah Minim Sampah. Di mana para anggota akan memilih sampah organik dan bukan organik yang dihasilkan oleh masing-masing rumah.

Baca Juga: Efek Pandemi, Hanya 78 Bank Sampah yang Masih Beroperasi di Balikpapan

Erva Ma’rifah, Ketua Bank Sampah Dahlia, menjelaskan, nantinya sampah organik akan diangkut oleh Jamaggo setiap seminggu sekali.

“Jamaggo ini sendiri merupakan unit usaha Jababeka dalam mengelola sampah organik dengan maggot,” kata Erva ditulis Senin (1/11/2021).

Erva pun berharap dengan hadirnya Bank Sampah Dahlia bisa meningkatkan kesadaran warga sekitar untuk mulai memilah sampah dari rumah. Sehingga lingkungan di sekitar pun menjadi rapi, bersih dan sehat.

Hal itu karena, kata Evra, tak dipungkiri sampah yang semakin banyak perlahan akan memunculkan banyak masalah, sehingga diperlukan pengolahan sampah agar dampak negatif sampah bisa dikelola.

Tak lupa ia mengapresiasi bantuan dari Jababeka. Hal itu karena membuat pihaknya bisa lebih cepat mendirikan bank sampah dan melakukan Gerakan Rumah Minim Sampah.

Baca Juga: Punya Gelar Kota Paling Bersih Se-ASEAN, Tak Semua Wilayah di Balikpapan Punya Bank Sampah

“Bantuan perlengkapan dari Jababeka sangat berguna. Menjadi penyemangat kami untuk mempromosikan bank sampah ini sehingga dapat terus berkembang dan bermanfaat buat lingkungan sekitar kami,” terang Erva.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar