alexametrics

E-Commerce Menggeliat, Perigi Logistics Optimis Industri Logistik Membaik di 2022

Iwan Supriyatna
E-Commerce Menggeliat, Perigi Logistics Optimis Industri Logistik Membaik di 2022
Ilustrasi jasa logistik. (Shutterstock)

PT Perigi Raja Terpadu (Perigi Logistics) optimistis industri logistik pada tahun 2022 akan membaik dan berkembang signifikan.

Suara.com - PT Perigi Raja Terpadu (Perigi Logistics) optimistis industri logistik pada tahun 2022 akan membaik dan berkembang signifikan. Momentum pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19 akan dimanfaatkan oleh perseroan untuk meningkatkan layanan dan memperkuat kemitraan dengan semua lini industri.

CEO Perigi Logistics Indra Buana menyebutkan beberapa hal yang mendasari optimisme dalam menyongsong tahun yang akan datang. Selain melandainya kasus Covid-19 dan upaya pemerintah mengejar target vaksinasi 70% penduduk pada akhir 2021, meningkatnya belanja daring (online) dan e-commerce berdampak positif terhadap kinerja bisnis logistik dan jasa pengiriman.

"Peningkatan belanja online sangat berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dikarenakan proses yang lebih mudah dan cepat, sehingga pihak ketiga (pengelola platform belanja online) semakin berkonsentrasi kepada kepuasan pelanggan," kata Indra Buana ditulis Selasa (16/11/2021).

Tren belanja online yang melonjak signifikan saat pandemi memang menjadi berkah tersendiri bagi bisnis logistik. Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, distribusi komoditas mengalami peningkatan hingga 70% pada masa pandemi dengan posisi angkutan barang sebanyak 35,8 juta.

Baca Juga: Ini Rahasia Isuzu Jamin Layanan Purnajual untuk Armada Logistik

Mengutip data Bank Indonesia, transaksi e-commerce pada tahun ini diproyeksikan tembus Rp395 triliun, naik dibanding tahun 2020 yang mencapai Rp266,3 triliun.

Menurut Indra, Perigi Logistics saat ini juga melayani banyak bisnis e-commerce yang mendistribusikan jutaan produk setiap bulannya, di mana pada tahun lalu terjadi peningkatan volume pengiriman barang dari para pelanggan.

"Dari beberapa lini bisnis yang kami jalankan, kontributor terbesar berasal dari bisnis pergudangan dan e-commerce dengan kontribusi yang dihasilkan sekitar 60%," paparnya.

Lebih lanjut, Indra memproyeksikan, pada tahun mendatang produk-produk ramah lingkungan dan juga produk makanan beku yang terbuat dari bahan organik, akan mengalami peningkatan. Kabar baiknya, bisnis yang dijalankan Perigi Logistics berkaitan dengan semua hal tersebut dan juga kemitraan yang telah dijalin oleh Perigi Logistics selama ini.

"Tahun 2022 Perigi ingin menjadi perusahaan yang dapat membantu dan mengakomodir semua lini industri melalui pelayanan dan harga yang bersaing," ungkapnya.

Baca Juga: Jaksa Agung: Mafia Pelabuhan Penyebab Biaya Logistik Pelabuhan Tinggi

Indra pun lantas membeberkan beberapa kerja sama atau kemitraan yang telah dilakukan. Terbaru adalah dengan PT Central Proteina Prima Tbk (CP Prima) yang pada Kamis (11/11/2021) lalu melepas ekspor perdana pakan hewan peliharaan ke Brunei Darussalam dengan volume 10 ton dan bernilai USD10.000.

Komentar