alexametrics

Uang Tabungan Nasabah BRI Tiba-tiba Lenyap, Ini Pengertian Skimming

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Uang Tabungan Nasabah BRI Tiba-tiba Lenyap, Ini Pengertian Skimming
Polda Metro Jaya merilis pelaku pencurian data elektronik dengan tersangka Warga Negara Asing (WNA) di Resmob Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (19/3).

Salah satu nasabah bank BUMN yakni Bank Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengaku menjadi korban kejahatan pembobolan data atau skimming.

Suara.com - Dalam dunia perbankan kejahatan pencurian kerap kali dijumpai, baru-baru ini salah satu nasabah bank BUMN yakni Bank Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengaku menjadi korban kejahatan pembobolan data atau skimming, uang senilai Rp38,4 juta miliknya tiba-tiba raib dan hanya menyisakan Rp95 ribu saja.

Lantas apa yang dimaksud kejahatan skimming ini dan bagaimana menghindarinya?

Mengutip berbagai sumber, Selasa (30/11/2021) aksi kejahatan skimming ini ternyata tidak hanya terjadi di mesin ATM saja, namun ternyata juga bisa terjadi di mesin EDC.

Skimming adalah suatu bentuk kejahatan yang bertujuan mencuri informasi dari kartu debit atau kredit milik nasabah, menggunakan alat khusus bernama Skimmer.

Baca Juga: Uang Tabungan Rp 38,4 Juta Milik Nasabah Bank BUMN Ini Tiba-tiba Hilang

Skimmer biasanya dibuat menyerupai bentuk mulut slot kartu ATM, sehingga sekilas terlihat sama dan sulit diidentifikasi.

Saat kartu dimasukan ke ATM atau mesin EDC, maka skimmer akan secara otomatis merekam informasi dari kartu tersebut. Di saat yang bersamaan, kamera yang telah diletakkan pelaku secara tersembunyi, akan merekam saat korban memasukkan PIN-mu di keyboard mesin ATM.

Kemudian, pelaku bisa langsung menduplikat kartu korban menggunakan data yang telah diperoleh dari alat skimmer ke kartu lain yang masih kosong. Jika sudah begini, maka pelaku akan dengan mudahnya menguras isi saldo ATM si korban.

Meski begitu kejahatan skimming ini bisa dicegah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari modus ini.

Beralih ke kartu berteknologi chip

Baca Juga: Persija Gagal Rayakan HUT ke-93 dengan Kemenangan, Angelo Alessio Minta Maaf

Sebagai informasi sebagian besar kartu ATM yang saat ini tersebar di masyarakat masih menggunakan teknologi magnetic stripe. Keamanan data menggunakan teknologi ini sangat rawan dibobol pelaku skimming. Oleh karena itu segera tukarkan kartu ATM magnetic stripe Anda ke kartu berteknologi chip.

Komentar