alexametrics

Uang Tabungan Rp 38,4 Juta Milik Nasabah Bank BUMN Ini Tiba-tiba Hilang

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Uang Tabungan Rp 38,4 Juta Milik Nasabah Bank BUMN Ini Tiba-tiba Hilang
Mesin ATM BRI di Pasific Place, Jakarta Selatan. [Suara.com/Adhitya Himawan]

Nasabah Bank BRI asal Yogyakarta Marsen Sinaga mengaku kehilangan sejumlah uang senilai Rp38,4 juta di tabungan pribadinya.

Suara.com - Nasabah Bank BRI asal Yogyakarta Marsen Sinaga mengaku kehilangan sejumlah uang senilai Rp38,4 juta di tabungan pribadinya, ia diduga menjadi korban pembobolan data atau kejahatan skimming.

Menanggapi hal ini pihak PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengaku telah menerima dan menindaklanjuti pengaduan nasabah tersebut dan saat ini tengah melakukan investigasi atas pengaduan dimaksud.

"Apabila terbukti hal tersebut disebabkan karena tindak kejahatan skimming, BRI bertanggung jawab menyelesaikan hal tersebut," kata Pemimpin Cabang BRI Yogyakarta Katamso, Rahmad Budi Sulistia saat dikonfirmasi suara.com, Selasa (30/11/2021).

Rahmad menambahkan bahwa BRI terus berkomitmen untuk memerangi kejahatan skimming, BRI telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pihak Kepolisian untuk menangkap sindikat kejahatan skimming, dimana tidak hanya nasabah yang menjadi korban, namun juga BRI.

Baca Juga: Persija Gagal Rayakan HUT ke-93 dengan Kemenangan, Angelo Alessio Minta Maaf

Dirinya pun menghimbau kepada nasabah, agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM, dan juga menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor rekening tabungan, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, nomor OTP transaksi kepada pihak manapun, termasuk yang mengatasnamakan BRI.

Disamping itu, apabila mendapat notifikasi melalui sms/email atas transaksi yang tidak dilakukan, nasabah agar segera menghubungi Contact BRI 14017/1500017 untuk melakukan disable/pemblokiran kartu ATM.

"Apabila hendak menggunakan ATM perbankan dimanapun, agar selalu memeriksa kondisi sekitar dan kewajaran dari mesin ATM tersebut. Input PIN anda sembari menutup dengan tangan untuk menjaga kerahasiaan," katanya.

Sebelumnya Marsen Sinaga salah seorang nasabah BRI diduga mengalami Skimming ATM di mana dana di rekening sebesar Rp 38,4 juta lenyap hanya menyisakan Rp. 95 ribu saja.

"Saya mengetahui kehilangan [uang] itu karena mau menarik uang dari ATM, lalu tiba-tiba saldo saya tinggal 95.000," imbuhnya.

Baca Juga: Viral Kasus Skimming ATM Dari Rp 38 Juta Tinggal Rp 95 Ribu, Korban Berniat Ajukan Somasi

Kejadian skimming tersebut terjadi pada Kamis (25/11/2021) dan segera melapor.

Komentar