alexametrics

Tips Jualan Online Laris, Terapkan Cara-Cara Ini

M Nurhadi
Tips Jualan Online Laris, Terapkan Cara-Cara Ini
Ilustrasi Usaha di Rumah. (freepik)

Kepercayaan dari pelanggan adalah modal dasar setiap pedagang bagaimanapun media yang mereka gunakan.

Suara.com - Tips jual beli online laris diperlukan karena pelayanan yang ramah saja tidaklah cukup. Mengaplikasikan sistem pelayanan langsung ke dalam sistem online juga memerlukan sejumlah trik.

Kebiasaan jual beli mulai berubah setelah munculnya marketplace dan sistem perdagangan online. Sejak era ini, sistem komunikasi antara pedagang dan pembeli tidak bisa selalu berlangsung dua arah. Pembeli juga tidak bisa melihat langsung barang-barang yang ingin dibelinya.

Seperti dilansir dari beberapa sumber, pertama tips jualan online laris adalah tidak berbohong meskipun pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang ingin dibelinya.

Kepercayaan dari pelanggan adalah modal dasar setiap pedagang bagaimanapun media yang mereka gunakan. Pastikan kejujuran itu dengan memajang foto yang sama seperti barang yang ingin ditawarkan. Di samping itu untuk barang-barang dengan minor defect juga perlu diberi keterangan khusus.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Dapatkan Barang Berkualitas Saat Belanja di Toko Online

Kedua beri penjelasan sedetail mungkin terhadap barang yang akan dijual. Interaksi antara pedagang dan pembeli dalam jual beli online memang cukup unik. Seringnya para calon pembeli tidak bertanya langsung kepada pedagang karena akan membutuhkan waktu yang lama. Sebaliknya, mereka lebih banyak mengandalkan deskripsi produk untuk mengetahui kondisi barang yang ingin dibeli.

Tips jualan online laris dengan memberi penjelasan yang mudah dipahami. Untuk barang berupa pakaian misalnya, deskripsikan ukuran secara rinci, berat badan yang memungkinkan untuk memakai pakaian tersebut, jenis kain, harga, dan kemiripan dengan warna aslinya.

Perlu pula ditambahkan asal pengiriman dan metode pengiriman yang digunakan agar calon pembeli tidak bertanya-tanya soal perkiraan ongkos kirim dan lamanya barang sampai ke tangan pelanggan. Di samping itu, perbaharui terus jumlah stok barang yang bisa terbaca oleh pelanggan.

Tips ketiga adalah jual barang yang spesifik namun dengan beragam model. Jenis barang yang spesifik ini akan membantu pelanggan mengenal tokomu sebagai sebuah brand.

Barang yang spesifik juga membantu penjual fokus menyediakan barang yang sejenis. Misalnya penjual daster bisa menyediakan daster dengan aneka model dan ukuran seperti daster lengan panjang, lengan pendek, atau tanpa lengan.

Baca Juga: TP PKK Pusat Gelar Pelatihan Program Marketplace bagi 100 Kader di Sumbar

Terakhir, karena banyaknya kompetitor serupa, jangan segan menyisihkan budget untuk beriklan. Iklan akan membantumu menemukan orang-orang yang sesuai dengan target pasar.

Komentar