alexametrics

Investor Alibaba Hingga Manajemen BTS Investasi Triliunan Rupiah Untuk Zepeto

M Nurhadi
Investor Alibaba Hingga Manajemen BTS Investasi Triliunan Rupiah Untuk Zepeto
SoftBank (laman resmi SoftBank)

Zepeto bisa jadi adalah marketplace fesyen virtual terbesar di dunia, ujar CSO Naver Corp, Rudy Lee.

Suara.com - Metaverse fashion yang dikembangkan perusahaan asal Korea Selatan, Naver, yakni Zepeto baru-baru ini mendapatkan suntikan dana sebesar US$150 juta setara Rp2,1 trilyun dari SoftBank.

Investor terbesar Alibaba itu mengucurkan pendanaan Seri B yang menempatkan valuasi Zepeto sebesar US$1 milyar. Selain itu, HYBE Co yang merupakan manajemen dari Boyband BTS jadi salah satu investor yang mengucurkan dana dana US$41 juta kepada Zepeto dengan valuasi US$1 milyar.

Semenjak meluncur pada 2018 silam, Zepeto menjadi salah satu metaverse paling mencuri perhatian. Zepeto memiliki lebih dari dua juta pengguna aktif harian yang utamanya terdiri dari perempuan berusia antara 13 hingga 24 tahun. 

Para pengguna bisa membuat avatar digital dengan Zepeto yang selanjutnya bisa dipakai untuk beraktivitas di lini Zepeto. 

Baca Juga: Inilah Daftar Pemenang Asia Artist Awards 2021, BTS Raih 2 Penghargaan!

Ilustrasi Zepeto (Youtube)
Ilustrasi Zepeto (Youtube)

Zepeto semakin populer hingga menarik perhatian dari raksasa fesyen global seperti Gucci dan Ralph Lauren. Merk-merk ini telah menciptakan baju virtual untuk dijual di platform tersebut.

“Zepeto bisa jadi adalah marketplace fesyen virtual terbesar di dunia,” ujar CSO Naver Corp, Rudy Lee dikutip dari Blockchainmedia.

Softbank sendiri merupakan investor terbesar Alibaba pada putaran Seri B Zepeto menyusul investasi terhadap Sandbox, platform gaming metaverse pada blockchain Ethereum.

Pengguna bisa memanfaatkan Sandbox untuk menciptakan aset melalui berbagai elemen berkat dukungan perusahaan properti digital NFT asal Hong Kong, Animoca Brands.

Sandbox memiliki fitur menambahkan token NFT agar pengguna bisa mendapatkan untung dari kreasi yang mereka ciptakan di dalamnya.

Baca Juga: Anjlok! Harga Saham Alibaba Capai Rekor Termurah Sepanjang Sejarah

Gaming pada blockchain dan startup terkait metaverse mulai menarik investasi besar dari pemodal ventura. Avocado, sebuah kelompok gaming blockchain, belum lama ini mengamankan pendanaan senilai US$18 juta dari sekelompok investor, termasuk Solana Ventures.

Komentar