facebook

Harga Minyak Goreng Sudah Naik 6,94 Persen, Ini Kata Menko Airlangga

Agung Sandy Lesmana | Mohammad Fadil Djailani
Harga Minyak Goreng Sudah Naik 6,94 Persen, Ini Kata Menko Airlangga
Ilustrasi pedagang saat merapihkan minyak curah. [Suara.com/ Hilal Rauda Fiqry]

Agar menstabilkan harga minyak goreng ini pemerintah pun mengadakan operasi pasar minyak goreng disejumlah pasar di Indonesia.

Suara.com - Pada minggu kedua Desember 2021, harga minyak goreng curah secara nasional rata-rata sebesar Rp 18.307 per liter atau mengalami kenaikan 2,84 persen dibandingkan bulan sebelumnya, sedangkan minyak goreng kemasan mencapai Rp 18.249 per kg atau naik 6,94 persen (mtm).

Sementara itu, harga minyak goreng kemasan sederhana khususnya di Provinsi Bali telah mencapai rata-rata Rp 19.000 - Rp 20.000 per liter.

Agar menstabilkan harga minyak goreng ini pemerintah pun mengadakan operasi pasar minyak goreng disejumlah pasar di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menstabilkan harga minyak goreng dengan mendorong pelaku usaha untuk menyediakan minyak kemasan sederhana sebanyak 11 juta liter seharga Rp14.000 per liter baik di ritel modern maupun langsung ke masyarakat melalui operasi pasar.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Apresiasi Program Digitalisasi Ekosistem Pasar BNI

“Operasi pasar minyak goreng merupakan komitmen nyata Pemerintah dalam menjaga stabilisasi harga barang kebutuhan pokok masyarakat terutama menjelang Natal dan Tahun Baru 2022," kata Airlangga dalam keterangan persenya saat meninjau operasi pasar minyak goreng di Bali, Minggu (19/12/2021).

Dirinya berharap dengan adanya operasi pasar ini masyarakat dapat membeli minyak goreng dengan harga terjangkau dan harga minyak goreng dapat berangsur stabil.

Dikatakan Airlangga, antusiasme masyarakat sangat besar terhadap program ini dan mengaku sangat terbantu untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, kata dia, pemerintah terus mendorong distribusi penyaluran minyak goreng ke ritel modern dan masyarakat sehingga target 11 juta liter dapat tercapai pada akhir tahun 2021 ini.

Baca Juga: Menko Airlangga Pimpin Langsung Rapat Koordinasi Persiapan Muktamar NU ke-34

Komentar