facebook

Rincian Lengkap Gaji Pramugari dari Berbagai Maskapai Penerbangan

M Nurhadi
Rincian Lengkap Gaji Pramugari dari Berbagai Maskapai Penerbangan
Pelatihan berat pramugari Cina. (Brightside)

Gaji pokok pramugari berkisar antara Rp3 huta hingga Rp7 jutaan. Namun, nominal itu belum termasuk tunjangan yang tiap bulannya bisa mencapai Rp20 juta hingga lebih.

Suara.com - Berapa gaji pramugari? Mungkin pertanyaan ini ada di benak sebagian besar orang karena profesi pramugari dianggap sebagai profesi yang prestisius. Pramugari tampil dengan seragam dan dandanan yang menarik. Selain itu, profesi pramugari memberi kesempatan untuk berkeliling di berbagai wilayah di Indonesia bahkan dunia.

Dihimpun dari berbagai sumber, rincian gaji pokok pramugari berkisar antara Rp3 huta hingga Rp7 jutaan. Namun, nominal itu belum termasuk tunjangan yang tiap bulannya bisa mencapai Rp20 juta hingga lebih.

Lion Air

Maskapai yang cukup rutin memiliki jadwal penerbangan adalah Lion Air. Lalu berapa gaji pramugari Lion Air? Gaji pramugari maskapai ini berkisar Rp15 juta-Rp20 juta setiap bulan. Nominal ini sudah termasuk gaji pokok dan sejumlah tunjangan. Gaji pokok setiap pramugari adalah Rp3-Rp6 juta tergantung dari masa kerjanya.

Baca Juga: Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ternyata Begini Tindakan Pramugari saat Ada Penumpang Kentut

Gaji pokok itu akan ditambah dengan tunjangan antara lain jaminan kesehatan, uang terbang, dan uang makan. Kendati jumlahnya cukup besar, menjadi pramugari bukan perkara mudah. Pramugari bertanggung jawab melayani dan memenuhi kebutuhan penumpang selama perjalanan. Di samping itu pramugari juga wajib menjaga penampilan.

Garuda Indonesia

Jika Lion Air adalah Instansi swasta, mari kita tengok gaji pramugari di instansi pemerintah Garuda Indonesia. Di Instansi ini, karyawan baru akan mendapatkan pelatihan khusus untuk menjadi pramugari. Selama pelatihan gajinya berkisar Rp15 juta.

Jika sudah menjadi karyawan apalagi di level senior, gaji pramugari Garuda Indonesia bisa mencapai dua kali lipatnya. Gaji tersebut belum termasuk tunjangan seperti mendapatkan tiket gratis pulang pergi dalam penerbangan termasuk untuk keluarga inti dan akomodasi selama menjalankan tugas.

Air Asia

Baca Juga: Dulu Pramugari Kini Manajer, 8 Potret Sonya Prischillia Istri Donnie Eks Ada Band

Maskapai Air Asia terkenal di kalangan para pelancong lantaran kerap memberikan diskon besar-besaran. Jika kamu bekerja di instansi ini, gajimu bisa berkisar antara Rp8-Rp15 juta per bulan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar