facebook

Meski Belum Jelas, Garuda Indonesia Pastikan Siap Layani Penerbangan Haji

Siswanto | Achmad Fauzi
Meski Belum Jelas, Garuda Indonesia Pastikan Siap Layani Penerbangan Haji
Pesawat Garuda Indonesia. [Dok HIPMI]

Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama untuk memastikan seluruh persyaratan penerbangan haji dapat terpenuhi.

Suara.com - Maskapai Garuda Indonesia memastikan armada pesawat mereka siap melayani penerbangan untuk keberangkatan haji tahun 2022.

Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama untuk memastikan seluruh persyaratan penerbangan haji dapat terpenuhi.

Selain itu, maskapai melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dalam memastikan pemenuhan aspek airworthiness pada seluruh armada yang akan digunakan dalam penerbangan tersebut.

"Aspek operasional armada untuk penerbangan haji telah kami persiapkan sedini mungkin sejalan dengan komitmen Garuda Indonesia untuk selalu siap sedia memastikan kebutuhan layanan penerbangan haji bagi jamaah haji asal Indonesia dapat terpenuhi dengan baik jika nantinya pelaksanaan kegiatan haji telah dapat dilaksanakan," ujar Irfan, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Jelang Keberangkatan Haji dan Umrah, DPR Minta Pemerintah Waspadai Virus Omicron

Irfan menambahkan bahwa saat ini Garuda Indonesia telah mempersiapkan sejumlah armada wide body untuk melayani penerbangan Haji 2022 diantaranya armada B777-300 ER hingga A330-300.

Adapun jenis pesawat ini tentunya akan menyelaraskan dengan kriteria dan kebutuhan yang ditetapkan oleh regulator maupun pemangku kepentingan terkait.

Lebih lanjut, jumlah armada yang akan digunakan tentunya juga akan diselaraskan dengan proyeksi kuota jamaah haji Indonesia yang akan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

"Oleh karenanya, kami akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif bersama seluruh pemangku kepentingan terkait guna memastikan Garuda Indonesia senantiasa siap menjalankan mandat sebagai national flag carrier untuk terus berada di garda terdepan dalam memastikan aksesibilitas dan kebutuhan layanan penerbangan haji bagi masyarakat Indonesia dapat terpenuhi dengan optimal," imbuh Irfan.

Sebelumnya, Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 masih belum jelas. Pemerintah Arab Saudi belum memberi pengumuman terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2022.

Baca Juga: Calhaj Batal Berangkat Tahun Ini, Daftar Tunggu Keberangkatan Haji Bondowoso Jadi 32 Tahun

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap pada Februari 2022 sudah ada kejelasan soal penyelenggaraan ibadah haji mengingat waktu persiapan hanya tersisa sekitar empat bulan, dengan asumsi pemberangkatan perdana pada 5 Juni.

"Kalau target, kita punya target, mudah-mudahan di bulan depan di Februari ada kejelasan," ujar Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI yang diikuti dari Jakarta, Senin (17/1/2022) dikutip dari ANTARA.

Yaqut Cholil Qoumas mengatakan hingga saat ini otoritas Arab Saudi belum memberikan kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi, setelah sebelumnya pemberangkatan jamaah haji asal Indonesia tertunda selama dua tahun.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar