facebook

Sempat Viral karena Terbengkalai, TMII Bakal Diguyur Rp 1,1 Triliun untuk Renovasi Besar-besaran

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Sempat Viral karena Terbengkalai, TMII Bakal Diguyur Rp 1,1 Triliun untuk Renovasi Besar-besaran
Sepasang kekasih melintas di depan Teater Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (13/9). [Suara.com/Alfian Winanto]

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat ini menjadi topik hangat diperbincangkan karena viral di media sosial karena terlihat terbengkalai.

Suara.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat ini menjadi topik hangat diperbincangkan karena viral di media sosial karena terlihat terbengkalai dan tak terawat usai diambil alih oleh Sekretariat Negara (Setneg) tahun lalu.

Pemerintah pun ternyata tidak tinggal diam dengan kondisi TMII saat ini, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah berencana untuk melakukan renovasi besar-besar terhadap objek wisata di wilayah Jakarta Timur tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sudah menyiapkan sejumlah pos anggaran untuk melakukan pekerjaan empat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satunya untuk melakukan renovasi TMII.

"Presiden RI memberikan penugasan khusus kepada Kementerian PUPR untuk melaksanakan pembangunan dengan total kebutuhan anggaran yang direncanakan sebesar Rp 2,7 triliun," kata Basuki dalam Rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Museum Telekomunikasi TMII Direnovasi

Tugas khusus tersebut seperti mempercepat pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung acara internasional. Mulai dari persiapan KTT G20, renovasi TMII, penataan kawasan Mandalika NTB, dan persiapan ASEAN Summit 2023 di Tana Mori, Labuan Bajo.

Khusus untuk renovasi TMII, Basuki mengatakan bahwa PUPR menyiapkan anggaran sekitar Rp1,1 triliun.

"Rinciannya renovasi TMII ini di antaranya, penanganan jalan kawasan TMII, penataan area Gerbang Utama, renovasi joglo, hingga renovasi museum," papar Basuki.

Selain itu PUPR juga akan melakukan renovasi untuk penataan ulang lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago yang merupakan land mark TMII.

Tak sampai disitu saja, sejumlah renovasi lainnya juga bakal dilakukan seperti halnya mempugar Museum Theater Garuda, Museum Telekomunikasi, Keong Mas, serta fasilitas parkir.

Baca Juga: Selesai Direnovasi, Begini Penampakan Stadion Jatidiri Semarang

Sebelumnya seorang warganet membagikan kondisi terkini TMII yang terbengkalai. Pemilik akun Twitter @RomitsuT membandingkan kondisi sejumlah wahana di zaman dahulu dengan zaman sekarang yang terlihat usang.

Postingan ini pun viral di media sosial hingga dibagikan ulang sebanyak 2.168 kali.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar