facebook

5 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Indonesia Salah Satunya

M Nurhadi
5 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Indonesia Salah Satunya
Ilustrasi Mata Uang

Beberapa mata uang di dunia ternyata memiliki nilai tukar yang rendah, Indonesia menjadi salah satunya

Suara.com - Ada beberapa negara yang selalu menjadi pusat perhatian karena jumlah dan kepentingan mata uangnya. Ada negara-negara tertentu dengan nilai mata uang terendah di dunia. Negara mana saja? Salah satunya adalah Indonesia. Sejak pandemi Covid-19 bahkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat semakin melemah. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui mata uang terendah di dunia. 

Diketahui, nilai mata uang adalah indikator terbesar perekonomian negara, kondisi ekonominya, investasi asingnya dan nilai tukarnya. Sebagian besar mata uang diukur berdasarkan kekuatannya sambil membandingkannya dengan dolar AS, sementara beberapa membandingkannya dengan sterling. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar negara dengan nilai mata uang terendah di dunia yang menarik untuk diketahui.

1. Rial Iran

Rial Iran adalah mata uang dunia yang paling murah. Satu dolar AS sama dengan 24.875 riyal Iran. Nilai yang lebih rendah dari riyal Iran adalah karena hubungannya dengan AS dan sanksi ekonomi global yang telah dijatuhkan padanya bersama dengan transaksi yang dibatasi.

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Kembali Menguat!

2. Dong Vietnam

Vietnam adalah negara yang memiliki mata uang termurah ke-2 di dunia. Nama mata uang Vietnam adalah Vietnam Dong. Dong  pertama kali diperkenalkan pada tahun 1946 menggantikan piaster Indochina Prancis. Uang kertas pertama dari mata uang tersebut dikeluarkan pada tahun 1976, tetapi nilai dong paling rendah sejak hari pertama kali diterbitkan.

3. Sao Tome dan Principe

Sao Tome dan Principe merupakan pulau kecil yang sangat terkenal yang memiliki mata uang terendah ke-3 di dunia. Nilai mata uangnya 17.917 std sama dengan satu dolar. Ini adalah dua pulau dengan luas 1.001 km. Pada tahun 1975 memperoleh kebebasan dari Portugal. Uang kertas negara diperkenalkan di tahun kemerdekaan.

4. Rupiah Indonesia

Baca Juga: Inflasi di Pedesaan DIY pada 2021 Capai 2,08 Persen, Ini Penjelasan BPS DIY

Rupiah Indonesia merupakan mata uang terendah keempat di dunia. Rupiah memiliki uang logam mulai dari 50 hingga 1.000 dan uang kertas terdiri dari 1.000 hingga 100.000. Beberapa waktu lalu, pemerintah telah membatalkan uang kertas Rp1.000 dan telah mengeluarkan uang kertas Rp 2.000.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar