facebook

Aliran Modal Asing Terbatas Bikin Rupiah Loyo di Awal Tahun 2022

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Aliran Modal Asing Terbatas Bikin Rupiah Loyo di Awal Tahun 2022
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo (dok. istimewa)

Bank Indonesia mencatat pergerakan nilai tukar rupiah pada awal tahun melemah. Tercatat. Pada 19 Januari 2022 Nilai tukar Rupiah melemah 0,77 persen secara point to point.

Suara.com - Bank Indonesia (BI) mencatat pergerakan nilai tukar rupiah pada awal tahun mengalami pelemahan. Tercatat. Pada 19 Januari 2022 Nilai tukar Rupiah melemah 0,77 persen secara point to point.

Jika dicatat secara rata-rata, rupiah juga melemah 0,01 persen secara rerata dibandingkan dengan level Desember 2021.

"Perkembangan nilai tukar Rupiah tersebut disebabkan oleh aliran masuk modal asing yang masih terbatas di tengah terjaganya pasokan valas domestik dan persepsi positif terhadap prospek perekonomian domestik," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual, Kamis (20/1/2022).

Namun demikian, Perry mengungkapkan, pelemahan nilai tukar tersebut masih lebih rendah dibandingkan pelemahan mata uang sejumlah negara berkembang lainnya, seperti Filipina (0,98% ytd) dan Rusia (2,89% ytd).

Baca Juga: Makin Ambrol, IHSG Rabu Sore Ditutup Melemah Ke Posisi 6.591

"Ke depan, nilai tukar Rupiah diperkirakan tetap terjaga didukung oleh kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang tetap baik, di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang berlanjut," ucap dia.

Dalam hal ini, tutur Perry, BI terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar.

"Salah satunya, melalui efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar