facebook

Kaesang Sebut Gaji Presiden Kecil, Ternyata Segini Rinciannya

M Nurhadi
Kaesang Sebut Gaji Presiden Kecil, Ternyata Segini Rinciannya

Gaji pokok presiden ternyata hanya ada pada kisaran Rp30 juta.

Suara.com - Akhir tahun lalu, jagat maya heboh ketika Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo menyebut gaji sang ayah kecil. Gaji presiden yang kecil itu dia sindir dengan menyebutkan bahwa dibanding ayahnya, Kaesang bisa membeli pabrik mebel dengan membayar cash. 

Lalu sebenarnya berapa gaji presiden? Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1987  tentang Hak Keuangan Administratif Presiden dan Wakil Presiden, gaji Presiden RI adalah enam kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden. Sementara, untuk gaji wakil presiden yakni sebesar empat kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden. 

Gaji tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden saat ini dimiliki oleh pejabat setingkat Ketua DPR dan Ketua MPR yakni Rp5.040.000. Mengacu pada angka tersebut, maka gaji presiden adalah enam kali lipatnya atau Rp30,24 juta. Kemudian gaji wakil presiden adalah empat kali lipatnya atau Rp20,16 juta. 

Walau demikian, gaji itu belum termasuk tunjangan yang jumlahnya lebih besar. Tunjangan presiden ditetapkan sebesar Rp32,5 juta dan wakil presiden Rp22 juta. Jika gaji dan tunjangan ini diakumulasi maka secara kotor presiden mendapatkan penghasilan Rp62,7 juta per bulan dan wakil presiden Rp42,16 juta per bulan. 

Baca Juga: Kisah Mak Onah, Warga Mata Merah Palembang yang Dibangunkan Rumah oleh Presiden Jokowi

Penghasilan ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. Singapura diketahui menggaji presidennya 1,4 juta dolar Amerika atau sekitar Rp19,8 miliar dan Malaysia 263.000 dolar Amerika atau Rp3,7 miliar. 

Jika gaji ini dihubungkan dengan ucapan Kaesang, maka nominal gaji sang anak jelas lebih besar daripada bapaknya, Presiden Jokowi. Angka kekayaan Kaesang bisa dipastikan lebih dari Rp90 miliar. 

Pasalnya akhir tahun lalu Kaesang sempat membeli saham senilai Rp92 miliar dari PT Panca Mitra Multiperdana. Kaesang memiliki sekitar delapan persen dari total saham perusahaan tersebut. 

Total kekayaan Kaesang masih ditambah dengan berbagai lini usaha yang dikelolanya. Seperti diketahui, Kaesang adalah pemilik usaha kedai pisang dengan brand Sang Pisang.

Sang Pisang menyediakan aneka olahan nuget pisang dengan berbagai rasa, mulai dari coklat, keju, dan kacang. Kedainya berada di puluhan kota di Indonesia dan sudah berdiri sejak 2017 silam. Bersama Sang Pisang, Kaesang juga membuat bisnis Yang Ayam. Bisnis kuliner satu ini menjajakan aneka olahan ayam tepung. 

Baca Juga: Rocky Gerung Duga Presiden Jokowi Tak Bisa Tidur karena Pikirkan Pelaporan kepada Kaesang dan Gibran

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar