facebook

Usai Libur Panjang, IHSG Dibuka Menguat Tipis ke Level 6.603

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Usai Libur Panjang, IHSG Dibuka Menguat Tipis ke Level 6.603
Pekerja beraktivitas dengan latar belakang layar pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan, Senin (21/2/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pembukaan pra perdagangan hari ini Selasa (17/5/2022) berhasil rebound ke zona hijau.

Suara.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pembukaan pra perdagangan hari ini Selasa (17/5/2022) berhasil rebound ke zona hijau.

Melansir data RTI, IHSG diawal pra perdagangan dibuka naik ke level 6.603 dengan bertambah 5,9 basis poin atau menguat 0,09 persen, setelah ditutup melemah pada akhir pekan lalu di posisi 6.597.

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan menguat pada awal perdagangan indeks ini naik 3,9 basis poin atau menguat 0,40 persen ke posisi 999.

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 888 miliar lembar saham dengan nilai mencapai Rp678 miliar dengan volume transaksi mencapai 53 ribu kali.

Baca Juga: Pekan Ini IHSG Anjlok 8,73 Persen, Kapitalisasi Pasar Bursa Merosot Jadi Rp 8,8 Triliun

Sebanyak 211 saham menguat, 111 saham melemah dan 222 saham belum ditransaksikan.

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan rilis data neraca perdagangan yang disinyalir masih akan berada dalam kondisi stabil akan memberikan sentimen terhadap indeks hari ini.

Selain itu, tekanan yang terjadi dalam pergerakan IHSG saat ini terlihat masih dipengaruhi oleh sentimen dari pergerakan nilai tukar rupiah, sehingga pola gerak market masih terlihat memiliki potensi bergerak sideways dalam jangka pendek.

"Namun selama support level masih dapat dipertahankan dengan kuat maka momentum fluktuatif harga masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan trading harian,” kata William dalam analisanya.

William memperkirakan IHSG akan bergerak dalam kisaran 6.541 hingga 6.702 pada perdagangan hari ini.

Baca Juga: Akhir Pekan, IHSG Kembali Melemah, Parkir di Level 6.597

Adapun saham-saham yang layak dicermati menurut William antara lain: UNVR, ASII, BBCA, SMGR, ITMG, HMSP, TBIG, dan CTRA. 

Komentar