facebook

Jokowi: Beras Indonesia Lebih Murah Dibanding Negara Lain

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Jokowi: Beras Indonesia Lebih Murah Dibanding Negara Lain
Ilustrasi beras.[Freepik]

Jokowi menegaskan tidak melakukan impor beras ini harus dipertahankan.

Suara.com - Presiden Jokowi menyebut harga beras di Indonesia jauh lebih murah dibanding negara lain seperti seperti Korea Selatan (Korsel), Filipina hingga Amerika Serikat. 

Selain itu, Jokowi juga mengatakan Indonesia tidak melakukan impor beras sama sekali selama tiga tahun terakhir. Biasanya Indonesia impor beras berkisar 1,5 juta hingga 2 juta ton per tahun. Paling tidak, Indonesia impor beras khusus yang dikonsumsi oleh warga negara luar.

“Saya cek harga beras dua hari ini rata-rata Rp 10.700. Coba kita liat negara lain di Korea Selatan Rp 53 ribu, di Amerika Rp 52 ribu, dan di Filipina Rp 18 ribu. Ini yang harus kita syukuri,” ujar Jokowi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional V Projo di Magelang, Sabtu (21/5/2022).

“Meski ada impor kecil itu beras-beras khusus yang dimakan orang Korea, impor beras Korea yang dimakan orang korea, beras jepang impor dari jepang. Yang india impor beras bramasti dari India,” tambahnya.

Baca Juga: Rakernas ProJo Dihadiri Jokowi, Kasih Kode Dukung Capres 2024 Kepada Ganjar Pranowo?

Jokowi menegaskan tidak melakukan impor beras ini harus dipertahankan. Ia merasa bersyukur bahwa stok beras dapat diperbesar, sehingga produktivitas petani harus ditingkatkan.

“Jangan dianggap pemulihan ekonomi hal yang biasa. Tidak gampang dan tidak mudah mengelolanya baik yang berkaitan dengan kenaikan harga-harga, anggaran negara dan pertumbuhan ekonomi,” tutur Jokowi.

Komentar