facebook

Hutama Karya Resmi Dapatkan Kontrak Proyek Jalur KA Medan-Binjai Rp172 Miliar

M Nurhadi
Hutama Karya Resmi Dapatkan Kontrak Proyek Jalur KA Medan-Binjai Rp172 Miliar
Kereta api melintas di Stasiun Medan-KAI Rombak Jadwal Perjalanan Kereta Mulai 10 Februari. [Ist]

Proyek tersebut membutuhkan waktu pengerjaan selama 900 hari yang mana pelaksanaan pembangunan tersebut sudah berjalan sejak 9 Mei 2022 lalu.

Suara.com - PT Hutama Karya (Persero) resmi mendapatkan kerja sama operasi (KSO) dalam proyek pembangunan Jalur Kereta Api (KA) Lintas Medan-Binjai senilai Rp172 miliar.

Penandatanganan kontrak proyek digelar di Jakarta, Kamis (28/4/2022) oleh Executive Vice President (EVP) Divisi Sipil Umum Hutama Karya Ari Asmoko sekaligus kuasa KSO bersama Pejabat Penandatangan Kontrak (PPK) Kementerian Perhubungan Muhlis Hanggani Capah.

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra menyebut, proyek jalur kereta yang menghubungkan Kota Medan dan Kota Binjai itu bertujuan untuk mempercepat waktu tempuh dan memperlancar persilangan kereta api sekaligus mengurangi penumpukan di beberapa stasiun.

"Kereta api sudah menjadi primadona untuk angkutan orang dan barang. Pembangunan jalur rel kereta api dibutuhkan sejalan dengan percepatan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera," ujarnya.

Baca Juga: Komplotan Perampok Berkelewang Curi Motor di Kos Medan, Aksinya Terekam CCTV

Pembangunan Jalur Lintas KA Medan-Binjai (JLKAMB 2) dilakukan dari Km 1+745 sampai Km 2+300 (P9-P23). Tugas Gutama Karya bersama KSO dalam proyek ini meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan pendukung teknis, pekerjaan pier dan pemasangan track.

Proyek tersebut membutuhkan waktu pengerjaan selama 900 hari yang mana pelaksanaan pembangunan tersebut sudah berjalan sejak 9 Mei 2022 lalu.

Meski perseroan sebelumnya telah berhasil merampungkan beberapa proyek sistem transportasi rel angkutan cepat, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam proyek ini, salah satunya yaitu pekerjaan pengembangan dilakukan selama stasiun masih aktif beroperasi.

Hutama Karya selaku kontraktor telah menyiapkan sejumlah strategi agar proyek dapat selesai tepat waktu dan tepat mutu.

"Koordinasi aktif dengan pihak pengelola kereta api terus kami intensifkan karena pekerjaan dapat dilakukan pada saat window time atau kereta api tidak dalam posisi melayani penumpang dalam menaikkan atau menurunkan penumpang di stasiun tersebut atau pada titik tertentu," ujar Novias.

Baca Juga: Bobby Nasution Ingatkan Calon Haji Medan Jaga Kesehatan dan Pulang ke Tanah Air sebagai Haji Mabrur

Keberadaan Jalur KA Lintas Medan-Binjai diharapkan dapat meningkatkan mobilitas barang dan jasa antardua wilayah tersebut serta menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Komentar