facebook

Waskita Karya Bakal Garap Proyek Tol di Sudan Selatan 1.000 Kilometer, Bayarnya Pakai Minyak Mentah

Chandra Iswinarno | Mohammad Fadil Djailani
Waskita Karya Bakal Garap Proyek Tol di Sudan Selatan 1.000 Kilometer, Bayarnya Pakai Minyak Mentah
Waskita Karya.

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) berencana menggarap proyek pembangunan jalan tol sepanjang 1.000 Km di Sudan Selatan dengan bayaran minyak mentah senilai sekitar Rp25 Triliun.

Suara.com - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) berencana untuk menggarap proyek pembangunan jalan tol sepanjang 1.000 Km di Sudan Selatan dengan nilai sebesar Rp21 triliun hingga Rp25 triliun.

Menariknya, Pemerintah Sudan Selatan akan membayar pembangunan proyek tol tersebut dengan minyak mentah hasil produksi negara tersebut.

“Jalan yang kita bangun dibiayai hasil penjualan minyak mentah yang dibayarkan pemerintah Sudan Selatan lalu ditaruh di escrow account baru dibayarkan ke Waskita,” kata Direktur Operasi III Waskita Karya Gunadi di Jakarta Rabu (25/5/2022).

Gunadi mengungkapkan, jalan tol yang dibangun Waskita di Sudan Selatan memiliki panjang 1.000 kilometer dengan jangka waktu pengerjaan selama lima tahun.

Baca Juga: Proyek Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Dikebut, Waskita Karya Dapat Dana Segar Rp3,28 Triliun

“Jadi bentuknya perempatan, masing-masing itu panjangnya 250 kilometer,” ucapnya.

Sementara itu, Ia menyebutkan bila proyek pembangunan akan dilaksanakan pada akhir tahun ini. Namun, saat ini pihaknya masih melakukan kajian terkait dengan resiko bisnis yang akan timbul di negara yang masih tergolong volatile tersebut.

“Kita masih pelajari level risiko agar pas berjalan bisa dengan resiko stabil. Nanti akhir bulan ini ada perwakilan Sudan Selatan datang ke Indonesia untuk signing kontrak dan awal semester dua itu sudah jalan,” ucap Gunadi.

Dalam kesempatan ini, Gunadi juga menyebutkan jika perseroan akan kembali menggarap proyek yang mana kali ini merupakan proyek pembangunan jalan di Timor Leste.

"Tahun ini kita juga akan garap tender jalan nilainya Rp500 miliar di Timor Leste,” katanya.

Baca Juga: Dicicil ke KPK 11 Kali Bayar, Uang Korupsi Rp 3,8 Miliar Eks Petinggi Waskita Karya Disetor ke Kas Negara

Komentar