facebook

Panja Pertanyakan Investasi Telkomsel ke Gojek Tokopedia, DPR: Saham GOTO Ini Bagus atau Tidak?

Chandra Iswinarno | Mohammad Fadil Djailani
Panja Pertanyakan Investasi Telkomsel ke Gojek Tokopedia, DPR: Saham GOTO Ini Bagus atau Tidak?
Ilustrasi GoTo

Panja Investasi BUMN di Perusahaan Digital yang dibentuk Komisi VI DPR RI memanggilsejumlah ahli untuk mempertanyakan langkah anak usaha PT Telkom Tbk tersebut di GOTO.

Suara.com - Panitia Kerja (Panja) Investasi BUMN di Perusahaan Digital yang dibentuk Komisi VI DPR RI memanggil sejumlah ahli untuk mempertanyakan langkah anak usaha PT Telkom Tbk tersebut di PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sudah benar atau justru bermasalah.

Pada rapat panja yang digelar pada hari ini, Rabu (29/6/2022), di Komisi VI DPR mengundang Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang. Dalam rapat tersebut anggota Panja Komisi VI dari Fraksi PDIP Evita Nursanty menanyakan terkait kinerja saham hingga proyeksi kinerja keuangan GOTO ke depan.

“Jadi, menurut anda, saham GOTO ini bagus untuk investasi atau tidak? Kan GOTO masih rugi?,” tanya Evita Nursanty, anggota panja Komisi VI dari Fraksi PDIP kepada Edwin Sebayang, Kepala RIset MNC Sekuritas yang diundang ke Forum Panja, Rabu (29/6/2022).

Anggota panja lainnya dari Fraksi PDIP, Harris Turino mempertanyakan metode valuasi yang digunakan Edwin Sebayang dalam menyusun forecast.

Baca Juga: Face of Jakarta: Cuan 2 Pemuda di Balik Bisnis Jasa Pembuatan Kandang Hewan

“Jika forecast anda benar, artinya kapitalisasi pasar GOTO bisa mencapai lebih dari Rp560 triliun. Apakah masuk akal? Wahh, berarti kita harus beli saham GOTO dari sekarang dong,” katanya yang disambut gelak tawa anggota lainnya.

Menyambut pernyataan koleganya itu, Evita menegaskan investasi Telkomsel ke GOTO adalah keputusan yang tepat, menguntungkan dan bernilai strategis.

“Jadi, kita harus dukung keputusan investasi ini,” katanya.    

Diberondong pertanyaan soal valuasi, Edwin menjelaskan beberapa metode. Mulai dari harga dibanding transaksi bruto (GTV), rasio price book value (PBV) hingga menghitung potensi bisnis ke depan.

“Setiap sekuritas punya cara melakukan valuasi. Kami di MNC Sekuritas menghitung harga wajar saham GOTO di Rp500. Jadi masih punya upside cukup besar ke depannya. Jadi, ini investasi yang bagus,” kata Edwin di hadapan forum Panja Komisi VI.

Baca Juga: Investasi Telkom di Goto Perkuat Kedaulatan Digital

Edwin menjelaskan pergerakan harga saham seperti GOTO dipengaruhi banyak faktor. Target price Rp500 bisa jadi akan tercapai dalam waktu dekat, akhir tahun atau bisa juga tidak tercapai.

Komentar