facebook

Berikut Detail Pembahasan Presiden Jokowi Saat Temui Pemimpin Ukraina

M Nurhadi
Berikut Detail Pembahasan Presiden Jokowi Saat Temui Pemimpin Ukraina
Pertemuan tete-a-tete antara Presiden Jokowi dengan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Jokowi.

Suara.com - Sejumlah pokok pembahasan diperbincangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berjumpa dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022) kemarin.

"Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik," kata Presiden Jokowi.

Presiden juga menjelaskan, Indonesia mendukung segala bentuk kedaulatan dan integritas wilayah. Menurut Jokowi, sangat penting untuk menyelesaikan konflik secara damai. Ia bahkan menawarkan presiden Ukraina untuk membawa pesan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Jokowi.

Baca Juga: Ke Rusia, Jokowi Bawa Pesan Zelensky untuk Putin

Pemerintah Indonesia juga menyampaikan kepedulian terhadap korban dampak perang, terutama kalangan sopil dengan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Ukraina, yang merupakan salah satu pemasok kebutuhan pangan dunia memiliki peran penting melawan krisis kelaparan.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga menegaskan Indonesia berkomitmen dalam kerja sama bilateral dengan Ukraina serta mengundang Presiden Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20 pada November 2022 di Bali.

Presiden Zelensky dalam kesempatan itu juga mengapresiasi kehadiran Presiden Joko Widodo di Ukraina dan mengatakan bahwa momen itu sebagau kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Naik Kereta Luar Biasa ke Ukraina, Kemewahan Interiornya Bikin Takjub

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak konflik melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," ungkap Zelensky.

Komentar