facebook

Pertamina Siap Bina UMKM-BUMDes Dukung Gernas Bangga Buatan Indonesia di Maluku Utara

Iwan Supriyatna
Pertamina Siap Bina UMKM-BUMDes Dukung Gernas Bangga Buatan Indonesia di Maluku Utara
PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu top brands menandatangani komitmen dukungan dan partisipasi dalam kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Maluku Utara pada 2022.

PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu top brands menandatangani komitmen dukungan dan partisipasi dalam kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Suara.com - PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu top brands menandatangani komitmen dukungan dan partisipasi dalam kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Maluku Utara pada 2022.

Bentuk dukungan Pertamina antara lain berupa pelatihan kepada UMKM terpilih melalui UMK Academy dan onboarding mitra usaha tersebut di Pertamina SMEXPO.

Dalam Gernas BBI Maluku Utara 2022, Kementerian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bertindak sebagai Campaign Manager dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara selaku Brand Ambasador.

Sedangkan sebagai top brands yang terlibat dalam gerakan tersebut adalah BUMN dan perusahaan swasta nasional seperti Pertamina, BNI, Garuda Indonesia, Telkom Indonesia, POS Indonesia, Pegadaian BCA, Citilink, Marizarasa Sarimurni, Grab Indonesia, LinkAja, Shipper, YOKKE, Mustika Ratu dan GoTo Gojek Tokopedia.

Baca Juga: Apresiasi Program Subsidi Tepat Sasaran, Organda Manado: Supir Angkot Mendapat Perlindungan Penerima Hak Subsidi

“Gernas BBI Maluku Utara memiliki konsep berbeda karena kami akan melakukan mendampingan selama tiga bulan dari Juli sampai September 2022 kepada BUMDes dan UMKM untuk meningkatkan penjualannya,” tutur Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Harlina Sulistyorini, dalam acara Kick Off Gernas Maluku Utara 2022, di Sofifi, Maluku Utara, ditulis Rabu (8/7/2022). 

Harlina mengatakan Gernas BB telah diluncurkan Presiden RI Joko Widodo pada 14 Mei 2020 dengan tujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk UMKM lokal.

Presiden mengajak warga Indonesia untuk membeli dari para pelaku UMKM yang terdampak krisis saat pandemi COVID-19.

“Maka diharapkan dari kick off Gernas BBI Malut ini seluruh pelaku usaha dan BUMDes bisa aktif dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga nantinya kami dapat memberi previlege mana pelaku usaha maupun BUMDes yang layak mendapat penghargaan,” katanya.

Pertamina, sejalan dengan Program Kemitraan yang dilakukannya, akan berpartisipasi dalam peningkatan kapasitas UMKM lewat UMK Academy. Materi pelatihan ditujukan untuk mendorong pelaku usaha daerah menuju Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global.

Baca Juga: Pertamina Catat 50 Ribu Kendaraan Sudah Daftar ke MyPertamina

UMKM terpilih akan diberikan kesempatan untuk memamerkan produk dan jasanya dalam Pertamina SMEXPO. Selain itu, akan ada GBBI Corner di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta yang khusus bertema GBBI dengan produk mitra binaan dari Maluku Utara dan Kalimantan Selatan.

Komentar