facebook

Mantab! Produk Migas Buatan Anak Bangsa Penuhi Standar Dunia, Kini Siap Diekspor

M Nurhadi
Mantab! Produk Migas Buatan Anak Bangsa Penuhi Standar Dunia, Kini Siap Diekspor
Produk migas buatan Indonesia (Antara)

Sebetulnya industri kita sudah sangat siap untuk bersaing, tapi memang kendala selama ini yang dihadapi produsen yakni economies cost scale (skala produksi), kata Rudi.

Suara.com - Produk dalam negeri karya anak bangka diklaim Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas Rudi Satwiko sudah memenuhi standar sektor migas yang berlaku secara internasional dengan tingkat keamanan tinggi.

“Sebetulnya industri kita sudah sangat siap untuk bersaing, tapi memang kendala selama ini yang dihadapi produsen yakni economies cost scale (skala produksi),” kata dia pada pada acara Pra Forum Kapasitas Nasional 2022 Wilayah Sumbagsel oleh SKK Migas dan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di Palembang, Selasa (6/7/2022).

Ia menjelaskan, saat ini produk dalam negeri sudah sangat siap memenuhi kebutuhan sektor migas di Tanah Air sehingga SKK Migas menargetkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di industri hulu migas mencapai 60 persen pada 2022.

Jika hanya mengandalkan pasar domestik maka dipastikan membuat harga jual menjadi lebih mahal sehingga kondisi ini membuat produk nasional menjadi kurang berdaya saing.

Baca Juga: Dua Kapal Perang TNI AL Karya Anak Bangsa Diluncurkan

Sehingga, SKK Migas akan membantu produk buatan dalam negeri itu bukan hanya mendapatkan tempat di dalam negeri tapi juga menyasar pasar global sehingga bisa meningkatkan skala ekonominya.

Saat ini banyak produk-produk Indonesia dibawa ke Singapura untuk kemudian di-brand ulang sebagai buatan negara tersebut.

“Seperti produk non-rotating, kita sudah benar-benar siap. Tapi untuk rotating mungkin perlu waktu, bukan tidak siap seperti, turbin yang perlu presisi,” kata dia.

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Erwin Suryadi turut menyampaikan, saat ini yang menjadi fokus SKK Migas yakni bagaimana mempertemukan kebutuhan KKKS dengan pelaku industri.

“Pabrikan juga harus mengerti dan harus siap-siap dengan investasinya dan banyaknya perbaikan di sana-sini. Tapi, yakinlah dengan ada KKKS besar seperti Pertamina, Petro China dan lainnya, target pasar ini dapat tercapai,” kata dia.

Baca Juga: Kontrak Transaksi Gas Blok South CPP dan Blok Liman Capai 20,3 Juta Dolar AS

SKK Migas juga akan membantu memperkenalkan karya anak bangsa ke forum-forum internasional migas seperti yang dilakukan tahun ini di Kuala Lumpur, Malaysia dan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Komentar