facebook

AirAsia kembali Beroperasi di Terminal 4 Bandara Changi Singapura

M Nurhadi
AirAsia kembali Beroperasi di Terminal 4 Bandara Changi Singapura
pesawat Airasia (foto: antara)

Tony menyebut, AirAsia menyumbang lebih dari seperdelapan dari total jumlah penumpang di Bandara Changi sebelum pandemi

Suara.com - Maskapai AirAsia kembali beroperasi di Terminal 4 (T4) Bandara Changi Singapura setelah dua tahun berhenti akibat pandemi COVID-19 dan sepinya penumpang.

Perusahaan induk dari maskapai-maskapai afiliasi yang berada di bawah Capital A, AirAsia Aviation Group Limited (AAAGL) mendaratkan pesawat pertama AirAsia di T4, Kamis (15/9/2022) ini dengan nomor penerbangan AK703, menggunakan pesawat berbadan lebar Airbus A330 dengan tingkat keterisian penuh 100 persen.

CEO Capital A Tony Fernandes menyampaikan antusiasme AirAsia dapat kembali terbang ke Terminal 4 dan memberikan pelayanan kepada pelanggan di Singapura sebagai hub terbesar ketiga AirAsia.

"Kami memulai dari hanya dua penerbangan per hari di Singapura pada tahun 2008, lalu kami meningkatkan layanan secara signifikan menjadi 281 penerbangan per minggu saat pra-pandemi untuk memenuhi tingginya permintaan perjalanan dengan harga terjangkau di kawasan ini," kata Tony.

Baca Juga: Bisa Saingi Singapura, Indonesia Berpotensi Tambah 5 Perusahaan Unicorn Terbaru

Ia menyebut, AirAsia menyumbang lebih dari seperdelapan dari total jumlah penumpang di Bandara Changi sebelum pandemi, di mana AirAsia berkontribusi sebanyak 51 persen dari kapasitas kursi penerbangan yang beroperasi di T4.

Tahun 2019 silam, AirAsia telah menerbangkan 4,5 juta penumpang dan mengoperasikan 12 pesawat ke/dari Singapura.

AirAsia juga akan membuka peluang untuk menambah lebih banyak penerbangan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.

Menurut dia, perpindahan ini akan memungkinkan AirAsia untuk memulihkan frekuensi operasionalnya kembali seperti sebelum pandemi dalam waktu dekat.

"Kami optimis dapat mencapai target pemulihan jumlah penumpang seperti halnya sebelum pandemi, dan kami memperkirakan pertumbuhan yang berkelanjutan juga akan terjadi pada operasi kargo dan logistik kami di wilayah ini," ujarnya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Masuk Indonesia November, AirAsia Ride Akan Angkat Pengemudi Jadi Pegawai Bukan Mitra

Ia menambahkan, penerbangan menuju dan dari Singapura saat ini dioperasikan oleh empat maskapai dalam grup AirAsia yaitu AirAsia Malaysia (AK), AirAsia Indonesia (QZ), AirAsia Thailand (FD) dan AirAsia Filipina (Z2), yang mengoperasikan total 168 penerbangan setiap minggu, menghubungkan Singapura ke 12
destinasi di seluruh Asia Tenggara.

Komentar