Program Saham Gotong Royong GoTO Masuk Daftar Fortune Change the World

Iwan Supriyatna
Program Saham Gotong Royong GoTO Masuk Daftar Fortune Change the World
Ilustrasi GoTo

PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menempati urutan ke-13 dari 54 perusahaan Pengubah Dunia versi Fortune.

Suara.com - PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menempati urutan ke-13 dari 54 perusahaan Pengubah Dunia versi Fortune. Perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia ini menjadi perusahaan dari Asia Tenggara yang menempati peringkat teratas di daftar tersebut di atas SEA Group yang merupakan induk Shopee di urutan ke-25 dan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) di urutan 50.

Masuknya GoTo sebagai peraih penghargaan “Change The World” dari Fortune untuk tahun 2022 ini berkat terobosan yang dilakukan saat melakukan Pencatatan Saham Perdana kepada Publik (Initial Public Offering/IPO) pada April 2022. Sebab GoTo mengalokasikan saham secara gratis kepada para mitra driver, untuk mitra merchant dan konsumen, serta alokasi opsi saham untuk para karyawannya melalui program saham Gotong Royong.

”Pada bulan April, ketika super-App Indonesia GoTo mengumpulkan USD 1,1 miliar dalam IPO yang ditunggu-tunggu, perusahaan memastikan sebagian hasilnya diberikan kepada orang-orang yang mendukung layanannya. GoTo mengalokasikan saham senilai USD 20 juta kepada 600 ribu pengemudi yang mengantarkan makanan, bahan makanan, dan produk lainnya melalui GoTo di Indonesia, Singapura, dan Vietnam,” bunyi pernyataan resmi majalah Fortune berkaitan dengan penghargaan yang diberikan kepada GoTo. 

Tim penilai Fortune menjelaskan bahwa program berbagi saham ini merupakan inisiatif yang bukan sekadar berbagi kepemilikan perusahaan namun juga berdampak lebih dalam terhadap literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Baca Juga: Hari Gizi Nasional: Kesadaran Masyarakat Indonesia Akan Makanan dan Minuman Sehat Meningkat, Ini yang Paling Diminati

”Program ini bukan hanya bertujuan untuk menumbuhkan loyalitas dan rasa memiliki di antara basis pengemudi GoTo. Namun, hal itu juga mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, negara yang sepertiganya tidak memiliki rekening bank—memungkinkan banyak pengemudi untuk terlibat dengan sistem keuangan untuk pertama kalinya.”

Di level Asia Tenggara, GoTo menempati urutan tertinggi dalam daftar penerima penghargaan ini. Secara global, GoTo ada di peringkat ke-13 di bawah PayPal pada urutan pertama diikuti Alibaba, JD.Com, Meituan di urutan kedua, dan Walmart di urutan ketiga.

Di bawah GoTo, perusahaan Asia Tenggara lain penerima penghargaan Fortune’s “Change The World” tahun 2022 ada Sea Group yang merupakan induk Shopee di urutan 25 dan Bukalapak di urutan 50.

Bagi ekosistem GoTo, masuk dalam daftar Fortune’s “Change The World” yang pada intinya tentang perusahaan yang mampu mengubah dunia karena mewujudkan dampak sosial yang positif ini merupakan kali ketiga. 

Pada tahun 2019, Gojek melalui Gopay menempati peringkat 11 dari total 52 organisasi internasional yang masuk dalam daftar Fortune’s “Change The World”. Peringkat ini meningkat dibandingkan peringkat 17 yang diraih Gojek pada penghargaan yang sama tahun 2017.

Baca Juga: Bayar KRL Bisa Pakai Aplikasi Gojek, Begini caranya