RR Bocorkan Keinginan Jokowi dan Para Taipan: Ganjar Capres, Wapresnya Erick Thohir

Iwan Supriyatna
RR Bocorkan Keinginan Jokowi dan Para Taipan: Ganjar Capres, Wapresnya Erick Thohir
Rizal Ramli (Youtube/tangkapan layar)

Ganjar Pranowo kerap disebut-sebut akan disandingkan dengan Prabowo Subianto di kontestasi Pilpres 2024. Keduanya memang memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi.

Suara.com - Ganjar Pranowo kerap disebut-sebut akan disandingkan dengan Prabowo Subianto di kontestasi Pilpres 2024. Keduanya memang memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi.

Tapi ternyata, keinginan Jokowi dibongkar oleh Rizal Ramli. Mantan Menko Maritim itu menyebut, Jokowi menginginkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden dan Erick Thohir sebagai Wakil Presiden.

"Sejumlah Taipan memang mau pasangan dari Ganjar itu Erick,” ungkapnya melalui wawancaranya di channel Total Politik seperti dilansir dari WartaEkonomi.co.id jaringan Suara.com, Kamis (1/12/2022).

Selain membocorkan keinginan Jokowi, Rizal juga mengkritik langkah Jokowi yang kumpul-kumpul dengan relawan. Ia membandingkan dengan langkah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca Juga: Deretan Pejabat Ternama yang Nonton Konser Dewa 19, dari Iriana Jokowi, Prabowo hingga Wishnutama

“Saya ingat saat itu SBY tahun ke-10 (periode ke-dua), ia mengundang taipan-taipaan yang biasanya rajin datang, tapi gak pada dateng itu, melintir semua,” kata dia.

“Jadi memang buat Jokowi terlalu cepet untuk itu (mengumpulkan relawan),” tambah dia.

Kemudian Rizal Ramli juga mengutip hasil survei Kompas yang berkaitan dengan endorsement Jokowi.

"Hasilnya hanya 15%, itu sangat rendah sekali ini. Ini baru sekarang, bayangkan 6 bulan lagi jangan-jangan 0%, terus satu tahun lagi malah bisa negatif,” kata dia.

“Jadi siapapun sudah jelas yang di endorse Jokowi bakal malah makin ambrol atau ya dibilang endorsement Jokowi itu jadi nggak meaningful,” jelas dia.

Baca Juga: Ogah Menyapa Prabowo Subianto di Konser Dewa 19, Ahmad Dhani Pilih Sapa Iriana Jokowi: Terlalu Politis!

“Karena ya pasti dilihatnya Jokowi udah pasti ke Ganjar gitu ya. Jokowi kan pakai teknik semua lah, endorse siapa aja, dari Airlangga bahkan Prabowo. Gak taunya kecele juga,” tambahnya.