Ronaldo Kartu Merah, Juventus Tetap Perkasa di Kandang Valencia

Rully Fauzi
Ronaldo Kartu Merah, Juventus Tetap Perkasa di Kandang Valencia
Ekspresi kekecewaan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo (kiri) setelah diganjar kartu merah oleh wasit di laga kontra Valencia. [JOSE JORDAN / AFP]

Brace Pjanic dari titik putih mengamankan raihan poin penuh bagi Juventus.

Suara.com - Juventus menunjukkan keunggulan level dan kualiatas mereka atas Valencia di laga matchday 1 Grup H Liga Champions 2018/2019. Meski bermain dengan 10 pemain sejak menit 30, Juventus tetap mampu mengamankan kemenangan 2-0 atas tim tuan rumah di Estadio Mestalla, Kamis (20/9/2018) dini hari WIB. 

Laga yang sejatinya berjalan dengan tempo sedang sejak awal, tiba-tiba dikejutkan dengan momen kartu merah yang dikeluarkan wasit untuk megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Kartu merah diterima Ronaldo saat laga berjalan setengah jam.

Meski bermain dengan 10 pemain, Juventus praktis tetap mampu mengontrol permainan, sembari melancarkan serangan-serangan berbahaya.

Brace dari Miralem Pjanic lewat titik putih pada penghunjung babak pertama dan di awal paruh kedua pun membuat Juventus menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Dengan hasil ini, Juventus kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup H dengan poin tiga. Bianconeri hanya kalah selisih gol saja dari pemimpin klasemen Manchester United, yang di saat bersamaan sukses melibas tuan rumah Young Boys 3-0 di Swiss.

Valencia ada di peringkat ketiga klasemen Grup H, sementara Young Boys saat ini ada di posisi buncit.

Jalannya Pertandingan

Meski bermain tandang, Juventus langsung tampil ofensif sejak menit awal. Peluang pertama didapat Juventus lewat Mario Mandzukic. Namun, tembakan first time striker Kroasia itu di menit 11 masih melambung di atas mistar gawang Valencia yang dikawal kiper Neto.

Di menit 17, giliran Sami Khedira yang membuang peluang. Bola sepakan sang gelandang masih melayang di atas gawang Valencia.

Empat menit berselang, Juventus kembali mengancam. Kemelut di depan gawang Valencia dimanfaatkan Bernardeschi, tapi sepakannya bisa diamankan Neto. Bola rebound disambar Blaise Matuidi, namun bek Valencia, Jeison Murillo bisa memblok.

Juventus sendiri mendapat kesialan di menit 30, ketika Ronaldo harus mengakhiri pertandingan secara prematur karena diganjar kartu merah. Hukuman ini diberikan wasit karena Ronaldo dianggap menjambak rambut Murillo yang terjatuh usai perebutan bola di kotak 16 Valecia.

Yang menarik, Ronaldo sendiri terlihat amat kaget dengan kartu merah yang didapatnya. Seakan tak percaya, penyerang berusia 33 tahun itu pun sempat tertangkap kamera menitikkan air mata saat berjalan meninggalkan lapangan menuju lorong ruang ganti. 

Keunggulan pemain lantas coba dimaksimalkan Valencia untuk menekan Juventus. Menit 38, penyerang yang dipinjam Valencia dari Chelsea, Michy Batshuayi, memaksa kiper Juventus, Wojciech Szczseny, menepis bola sepakannya ke tiang dekat.

Namun dua menit jelang half-time, Juventus malah unggul ketika wasit menghadiahi penalti usai kapten Valencia, Dani Parejo melanggar fullback Joao Cancelo di kotak terlarang. Pjanic sebagai eksekutor pun sukses menempatkan bola di pojok kanan, jauh dari jangkauan Neto.

Di awal babak kedua, Juventus mendapat penalti lagi. Menit 51, Murillo yang kena hukuman usai melanggar Leonardo Bonucci di kotak penalti saat berduel pasca situasi sepak pojok. Pjanic yang kembali jadi penendang sukses menempatkan bola pada titik yang sama di gawang Neto.
 
Setelah itu, Juventus relatif mengendurkan serangan. Namun, hebatnya Juventus relatif tetap mampu menguasai permainan dengan ball posession.

Valencia sendiri coba lebih agresif di 15-20 menit terakhir laga. Namun, beberapa peluang yang didapat mentah di tangan Szczesny, seperti dari Rodrigo Moreno, Jose Gaya, Goncalo Guedes, serta Batshuayi.

Pada masa injury time, tepatnya menit 90+6, Valencia sejatinya bisa mencetak gol konsolasi setelah mendapat penalti usai pelanggaran Daniele Rugani. Tapi, eksekusi kapten Parejo bisa dimentahkan Sczcesny. Skor 2-0 untuk keunggulan tim tamu Juventus pun menutup laga ini.

Susunan Pemain:

Valencia (4-4-2): Neto; Vezo/Cheryshev, Gabriel, Murillo, Gaya; Soler, Parejo, Wass, Guedes/Santi Mina; Rodrigo, Batshuayi/Gameiro. 

Juventus (4-3-3): Szczesny; Cancelo, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Khedira/Emre Can, Pjanic/Douglas Costa/Rugani, Matuidi; Bernardeschi, Mandzukic, Ronaldo.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS