Arsenal Hajar Everton 2-0 di Emirates Stadium

Rully Fauzi
Arsenal Hajar Everton 2-0 di Emirates Stadium
Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) beraksi di laga kontra Everton. [Adrian DENNIS / AFP]

Dua penyerang andalan Arsenal berhasil masuk score sheet.

Suara.com - Arsenal melanjutkan tren positif mereka di Liga Inggris 2018/2019. The Gunners kini telah mencatatkan empat kemenangan beruntun usai kalah di dua laga awal. Teranyar, Arsenal sukses melibas Everton 2-0 di Emirates Stadium, Minggu (23/9/2018) malam WIB, dalam laga pekan keenam.

Gol-gol Arsenal ke gawang Everton dibukukan dua penyerang mereka, yakni Alexandre Lacazette di menit 56 dan Pierre-Emerick Aubameyang tiga menit berselang. Manajer Arsenal, Unai Emery, memang menurunkan keduanya secara bersamaan sejak menit awal pada laga ini.

Dengan tambahan tiga poin ini, Arsenal tetap meramaikan persaingan di papan atas dengan saat ini bercokol di peringkat keenam dengan raihan 12 poin dari enam laga.

Sementara itu, Everton tertahan di peringkat 12 dengan baru mengoleksi enam poin dari jumlah pertandingan yang sama.

Jalannya Pertandingan

Meski bermain tandang, Everton sudah tampil ofensif sejak awal laga. Menit kedua, Dominic Calvert-Lewin lolos dari perangkap offside dan mencoba melewati kiper Arsenal, Petr Cech. Tapi, Cech bisa mengantisipasi dengan baik untuk memblok bola.

Arsenal balas mengancam di menit 12. Namun, tembakan fullback Arsenal, Nacho Monreal mampu dihalau dengan cemerlang oleh kiper Everton, Jordan Pickford.

Everton kembali menebar teror di menit 29. Richarlison menerima operan dari Lucas Digne, mengecoh Lucas Torreira lalu melepaskan tembakan mendatar. Sayang, sepakan penyerang asal Brasil itu melebar tipis saja dari sasaran.

Ancaman lain dari Everton kembali hadir di menit 38, saat eks winger Arsenal Theo Walcott menerima umpan terobosan di sisi kanan. Namun, Cech dengan cekatan berlari maju untuk memblok tendangan Walcott.

Jelang half-time, Everton kembali mendapat peluang. Richarlison menusuk dari kiri, namun tembakan kerasnya masih bisa ditepis Cech. Skor 0-0 bertahan sampai babak pertama rampung.

Well, Arsenal mendominasi ball posession di babak pertama, namun Everton praktis memiliki lebih banyak peluang untuk bikin gol ketimbang tim tuan rumah. 

Di babak kedua, gol akhirnya tercipta di menit 56. Arsenal membuka keunggulan via Lacazette. Menusuk dari tengah, bola diarahkan Aaron Ramsey ke Lacazette di kiri. Nama terakhir melakukan cut-inside, sebelum melepaskan sepakan keras yang bersarang di  pojok kanan atas gawang Arsenal.

Hanya tiga menit berselang, Arsenal menggandakan keunggulan. Umpan Mesut Ozil dari kanan disontek Ramsey dan jatuh di kaki Aubameyang yang tak terkawal. Aubameyang lantas menyontek bola melewati Pickford.

Gol ini sendiri sejatinya sangat kontroversial, sebagaimana dalam tayangan ulang terlihat kalau Aubameyang dalam posisi offside saat menerima bola umpan dari Ramsey. Apapun itu, kredit tersendiri patut diberikan pada Ramsey yang mencetak dua assist di laga ini. 

Setelah itu, kedua tim saling jual beli serangan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta. Arsenal menang dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain

Arsenal XI: Cech; Bellerin, Mustafi, Papastathopoulos/Holding, Monreal; Torreira, Xhaka; Ozil, Ramsey/Welbeck, Aubameyang/Iwobi; Lacazette.

Everton XI: Pickford; Digne, Keane, Zouma, Kenny; Davies, Gueye; Richarlison, Sigurdsson, Walcott/Bernard; Calvert-Lewin/Tosun.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS