Kilas Balik Piala AFF, Kutukan Ini Masih Hantui Timnas Indonesia

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Kilas Balik Piala AFF, Kutukan Ini Masih Hantui Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia Febri Hariyadi (kiri) dan kiper Andritany memegang tropi juara AFF di Jakarta, Minggu (4/11/2018). Timnas Indonesia yang berada di Grub B akan menjalani laga perdana melawan Timnas Singapura di Stadion Nasional, Singapura pada Jumat 9 November 2018. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Indonesia sudah lima kali menjadi runner up di ajang Piala AFF ini

Suara.com - Piala AFF 2018 akan bergulir pada 8 November hingga 15 Desember mendatang. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama dengan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Pada edisi Piala AFF ke-12 ini, format home dan away digunakan dari babak penyisihan grup. Berbeda dari sebelum-sebelumnya yang baru menggunakan format home away pada babak semifinal dan final.

Timnas Indonesia memiliki beberapa kutukan yang harus dipatahkan saat mengikuti kejuaraan Piala AFF 2018 ini. Salah satunya yakni pasukan Merah Putih belum pernah merasakan gelar juara.

Padahal, skuat Garuda tercatat telah lima kali tampil di partai final Piala AFF yaitu pada Piala AFF 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. Namun, lima kali penampilannya itu, Indonesia harus puas selalu menjadi runner up.

Tercatat, Thailand adalah tim yang paling sering mengalahkan Indonesia di final yaitu pada Piala AFF 2000, 2002, dan 2016. Sementara di Piala AFF 2004, Indonesia kalah dari Singapura dan Piala AFF 2010 ditekuk Malaysia.

Tidak sampai di situ, Indonesia juga memiliki catatan yang kurang bagus saat memulai Piala AFF dari Grup B. Pasukan Merah Putih selalu kesulitan bisa lolos dari babak penyisihan grup.

Itu terlihat dari Piala AFF 2007 Grup B, Indonesia yang hanya menempati posisi tiga di bawah Singapura dan Vietnam. Berikutnya Piala AFF 2012 yang juga hanya menempati posisi tiga di bawah Singapura dan Malaysia.

Berbeda ketika timnas Indonesia berada di Grup A. Skuat Garuda hanya satu kali gagal ke semifinal yaitu pada Piala AFF 2014 setelah finis di posisi ketiga klasemen.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS