6 Fakta Menarik Timnas Indonesia di Piala AFF

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
6 Fakta Menarik Timnas Indonesia di Piala AFF
Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) didampingi pesepak bola Febri Hariyadi (kedua kanan), kiper Andritany (kanan) dan Deputi Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales Setiawan Surya memegang tropi juara AFF di Jakarta, Minggu (4/11/2018). Kejuaraan piala AFF Suzuki Cup 2018 dimulai pada tanggal 8 November, sementara itu Timnas Indonesia yang berada di Grub B akan menjalani laga perdana melawan Timnas Singapura di Stadion Nasional, Singapura pada Jumat 9 November 2018. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Tergabung di Grup B, Indonesia kerap alami kegagalan.

Suara.com - Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya di Piala AFF 2018 menghadapi Singapura di Stadion Nasional, Jumat (9/11/2018). Pada edisi kali ini, timnas Indonesia tergabung di Grup B kejuaraan dua tahunan itu.

Di grup B, selain Singapura, timnas Indonesia akan menghadapi tim tim lain. Yaitu Thailand, Filipina dan Timor Leste.

Piala AFF kali ini menerapkan sistem berbeda. Jika sebelumnya menggunakan format kandang tandang saat memasuki babak semifinal, pada edisi kali ini dari babak penyisihan grup sudah menggunakan format kandang tandang.

Selain itu, timnas Indonesia juga memiliki sejumlah catatan menarik jelang bergulirnya Piala AFF 2018. Salah satunya adalah debut Bima Sakti sebagai juru taktik skuat Garuda.

Berikut beberapa fakta menarik timnas Indonesia jelang bergulirnya Piala AFF 2018:

1. Bima Sakti yang merupakan pelatih timnas Indonesia saat ini pernah merasakan bertanding sebagai pemain di Piala AFF 1996 (dahulu bernama Piala Tiger) dan Piala AFF 2000.

2. Alberto Goncalves menjadi pemain paling tua (37 tahun) di timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2018 ini. Sementara pemain termuda dipegang oleh Awan Setho Raharjo (21 tahun).

3. Fachruddin Aryanto menjadi pemain yang paling sering merasakan Piala AFF. Sejak Piala AFF 2012, pemain Madura United itu tidak pernah absen membela skuat Garuda.

4. Timnas Indonesia sudah lima kali tampil di partai final Piala AFF yaitu di tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. Namun tak satu pun yang berhasil menelurkan gelar bagi timnas Indonesia.

5. Thailand adalah tim yang paling sering mengalahkan Indonesia di final yaitu pada Piala AFF 2000, 2002, dan 2016. Sementara di Piala AFF 2004, Indonesia kalah dari Singapura dan Piala AFF 2010 ditekuk Malaysia.

6. Indonesia memiliki catatan buruk memulai Piala AFF di Grup B, pasukan Merah Putih selalu kesulitan lolos dari babak penyisihan grup. Di Piala AFF 2007 Grup B, Indonesia hanya menempati posisi tiga di bawah Singapura dan Vietnam. Berikutnya Piala AFF 2012 yang juga hanya menempati posisi tiga di bawah Singapura dan Malaysia.

Berbeda ketika timnas Indonesia berada di Grup A. Skuat Garuda hanya satu kali gagal ke semifinal yaitu pada Piala AFF 2014 setelah finis di posisi ketiga klasemen.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS