Bima Tunjuk Hansamu Sebagai Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Bima Tunjuk Hansamu Sebagai Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF
Pemain Timnas Indonesia U-23 Hansamu Yama (kedua kiri) menendang bola ke arah gawang Timnas Thailand U-23 dalam pertandingan uji coba di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/6) malam. ANTARA

Hansamu sebelumnya juga menjadi kapten timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games dan Asian Games.

Suara.com - Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti, Kamis (8/11/2018) mengumumkan kapten skuat Garuda di ajang Piala AFF 2018. Adalah Hansamu Yama Pranata yang ditunjuk oleh Bima Sakti untuk memimpin rekan-rekannya di lapangan.

Bima beralasan Hansamu sudah cukup berpengalaman memimpin timnas Indonesia. Sebagaimana diketahui, Hansamu merupakan kapten timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Meski di skuat Piala AFF 2018 terdapat sejumlah pemain senior, Bima menilai Hansamu lebih mengenal karakter permainan tim dan para pemain dalam tim.

"Saya ke sini (Piala AFF) membawa para pemain dari Asian Games 2018, warisan dari Luis Milla baik dari program dan pemain di Piala AFF 2018. Begitu pun para pemain senior," kata Bima Sakti dalam jumpa pers sehari jelang laga Melawan Singapura.

Hansamu Yama (tengah/ban kapten) saat merayakan gol ke gawang Kamboja bersama rekan-rekannya, Kamis (24/8/2017). [Antara/Sigid Kurniawan]
Hansamu Yama (tengah/ban kapten) saat merayakan gol ke gawang Kamboja bersama rekan-rekannya, Kamis (24/8/2017). [Antara/Sigid Kurniawan]

"Saya selalu menerapkan di tim kita tidak ada pemain cadangan. Lalu kapten juga, memang ada beberapa pemain yang kita anggap senior. Semuanya berkesempatan mendapatkan ban kapten," tambahnya.

"Saya sengaja bawa Yama (Hansamu) ke sini karena dia sudah jadi kapten dari awal kita SEA Games dan Asian Games. Jadi lebih mengerti posisi semua pemain," jelasnya.

Sementara itu, Hansamu Yama mengaku siap mengemban tugas yang diberikan oleh Bima. Baginya tidak ada masalah berarti meski ada beberapa pemain senior di skuatnya.

"Itu pilihan pelatih (penunjukkan kapten). Tidak ada tim inti di tim ini. Jarak usia kita tidak jauh berbeda dengan senior. Senior kita baik-baik, kita sering sharing dan kita tak ada masalah," ujar Hansamu.

Indonesia akan menghadapi Singapura pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11/2018) malam.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS