Ini Sosok Johar Lin Eng yang Ditangkap Karena Kasus Pengaturan Skor

Galih Priatmojo
Ini Sosok Johar Lin Eng yang Ditangkap Karena Kasus Pengaturan Skor
Johar Lin Eng ketika bersilaturahmi dengan Kapolda Jateng, Condro Kirono. [@pssijateng/Instagram]

Johar Lin Eng ditangkap Satgas Anti Mafia Bola terkait keterlibatannya dalam dugaan kasus pengaturan skor di Liga 3 2018. Ini sepak terjangnya.

Suara.com - Ketua Asprov PSSI Jateng, Johar Lin Eng, diciduk Satgas Anti Mafia Bola terkait dugaan pengaturan skor di kompetisi Liga 3 2018. Pria yang juga berstatus sebagai anggota Exco PSSI tersebut diringkus seusai mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (27/12/2018).

Nama Johar Lin Eng mengudara sebagai dalang pengaturan skor setelah terkuak dalam program Mata Najwa pada Rabu (19/12/2018) lalu. Saat itu, Johar yang merupakan Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah diceritakan memperkenalkan Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indrayanti, dengan salah satu tokoh mafia bola.

Lantas, siapa sebenarnya Johar Lin Eng?

Johar Lin Eng adalah Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Tengah (Jateng) pada periode 2017-2021. Kala itu, Johar terpilih bersama wakilnya yakni Edy Sayuti. Perlu diketahui, ini adalah periode keduanya setelah juga memimpin pada periode 2013-2017.

Selain menjadi Ketua Aprov PSSI Jawa Tengah, Johar juga menjabat sebagai anggota komite eksekutif (Exco) PSSI periode 2017-2021. Ia terpilih bersama para anggota lainnya seperti Gusti Randa, Refrizal, Hidayat, Papat Yunisal, Pieter Tanuri, AS Sukawijaya, Condro Kirono, Yunus Nusi, dan lain-lain.

Johar juga sempat ditunjuk oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Asprov Kepulauan Riau. Di saat bersamaan, Johar juga ditunjuk sebagai (Plt) Ketua Asprov Aceh melalui surat keputusan bernomor SKEP/79/XII-2017.

Namun, penunjukan Johar sebagai Plt mendapat penolakan dari pengurus Asprov PSSI Aceh karena dirasa ada keanehan dalam keputusan tersebut.

Pasalnya, sebelum penunjukkan itu mereka sudah menyepakati bakal menggelar Kongres pemilihan ketua baru pada 28 Januari 2018. Tahapan itu pun sudah diketahui oleh PSSI Pusat.

Di sisi lain, apakah Johar Lin Eng benar-benar terbukti terlibat dalam pengaturan skor? Jika iya, dirinya akan menyusul anggota Exco PSSI lainnya yang telah mengaku dan mengundurkan diri, yakni Hidayat.

Penulis: Irwan Febri Rialdi

Sumber: Bolatimes.com

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS