PT LIB dan La Liga Kerja Sama Berantas Match Fixing di Sepakbola Indonesia

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
PT LIB dan La Liga Kerja Sama Berantas Match Fixing di Sepakbola Indonesia
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Liga Indonesia Baru dan La Liga di Kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (16/1/2019) malam. [Suara.com / Adie P]

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan di Kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (16/1/2019) malam.

Suara.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan La Liga alias Liga Spanyol melalui otoritasnya, telah sepakat bekerja sama untuk mengembangkan kualitas permainan sepakbola di lndonesia dan juga Spanyol. Kerja sama ini sendiri dimaksudkan untuk memperkuat komunikasi kedua kubu untuk saling berbagi informasi mengenai berbagai hal.

Salah satunya seperti peningkatan manajemen keuangan, masalah keorganisasian, serta pelatihan. Salah satu bagian utama dalam kerja sama ini adalah La Liga akan berbagi pengalaman terkait aspek mengelola keuangan dengan PT LIB dan klub-klub di bawah naungannya.

Selain itu, kerja sama ini juga menyangkut pengembangan perwasitan profesional di Indonesia dan juga Spanyol. Kerja sama lainnya, yakni komitmen kedua belah pihak untuk membasmi match fixing alias pengaturan skor yang belakangan marak menghantui persepakbolaan Indonesia. 

Baik La Liga maupun PT LIB akan menghukum segala bentuk manipulasi pertandingan yang tidak sesuai dengan nilai olahraga. Keduanya akan bekerja sama memberantas praktik match fixing melalui pembentukan peraturan bersama yang berfokus pada aspek integritas pertandingan.

Kerja sama antara PT LIB dan La Liga ini sendiri akan berlangsung selama tiga tahun. Diharapkan, banyak ilmu yang didapatkan PT LIB, termasuk juga oleh klub-klub Tanah Air, dari kerja sama ini.

"Saya ingin mengerti dan memahami apa masalah yang dialami oleh sepakbola Indonesia. Kami ingin membantu dan memberikan masukan kepada mereka," tutur Ivan Codonia selaku Managing Director La Liga untuk Asia Tenggara, Jepang, Korea Selatan dan Australia dalam penandatanganan perjanjian kerja sama  di Kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (16/1/2019) malam.

Selain itu, PT LIB juga menunjukkan ketertarikan terhadap upaya lembaga sepakbola Spanyol untuk mempromosikan dan mengembangkan cabang olahraga sepakbola perempuan di Indonesia. Di mana lewat kerja sama ini, kedua organisasi akan bekerja sama dalam memajukan sepakbola perempuan di Indonesia dan juga Spanyol.

"Ini tahap pertama yang kami lakukan karena dalam lima tahun ke depan, PT LIB akan mencoba masuk ke dalam internasional football," ujar CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya. 

"Selain itu, kami ingin memperkenalkan liga Indonesia di mata dunia. Kerja sama ini juga mendorong perkembangan kompetisi di Indonesia," tambahnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS