Borong 10 Gol dalam Dua Laga, Gareth Southgate: Permainan Kami Sederhana

Rauhanda Riyantama
Borong 10 Gol dalam Dua Laga, Gareth Southgate: Permainan Kami Sederhana
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate tersenyum puas usai timnya mengalahkan Republik Ceko 5-0 di kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu (23/3/2019). [AFP]

Lini depan Timnas Inggris sangat produktif.

Suara.com - Kiprah Timnas Inggris dalam babak Kualifikasi Piala Eropa 2020 cukup menyita perhatian banyak pihak. Bagaimana tidak, dari dua laga yang dimainkan, pasukan Tiga Singa berhasil mengemas 10 gol dan hanya kebobolan sekali.

Pada pertandingan perdana, Inggris menumpas perlawan Republik Ceko dengan skor 5-0 di di Wembley, Sabtu (23/3/2019). Kemudian, gelontoran lima gol kembali dihasilkan Inggris ketika bersua Montenegro, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB.

Penampilan gemilang Timnas Inggris pun membuat Gareth Southgate merasa senang. Pasalnya, selain sukses membawa Inggris poin penuh, ia menilai sejatinya hanya menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain dengan cara sederhana.

Namun, kenyataannya Raheem Sterling dan kolega justru tampil sangat efektif di atas lapangan. Agresivitas para pemain sayap yang kerap diisi oleh Raheem Sterling, Callum Hudson-Odoi, dan Jadon Sancho dianggap menjadi kunci terciptanya banyak gol.

"Sangat senang. Permainan ini sederhana karena kami berbicara sepanjang minggu tentang cara bermain di sisi lapangan dan memastikan kami tidak mengalami kebuntuan di sisi sayap dan pemain sayap kami sangat produktif," kata Southgate seperti dikutip dari ITV.

Lebih lanjut, Southgate juga memuji mental dari anak asuhnya yang begitu tangguh. Hal itu terlihat ketika Inggris menang besar atas Montenegro. Tertinggal lebih dulu, Inggris mampu membalas dengan gelontoran lima gol.

"Tim ini mampu bangkit usai tertinggal lebih dulu di tempat yang sangat sulit bagi kami sebelumnya. Mereka menunjukkan karakter yang bagus dan ini adalah ujian yang tepat bagi timnas Inggris," tutup Southgate.

Enam poin dalam dua pertandingan membuat Inggris kini berkuasa di Grup A Kualifikasi Euro 2020, unggul empat poin dari Bulgaria yang berada di posisi kedua. Inggris pun berpeluang besar lolos ke babak selanjutnya.

Bolatimes/Irwan Febri Rialdi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS