PT LIB Pastikan Liga 1 2019 Belum Gunakan VAR

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
PT LIB Pastikan Liga 1 2019 Belum Gunakan VAR
Pemain Kalteng Putra FC Patrich Steve Wanggai (kedua kanan) melakukan selebrasi usai memasukkan bola pada laga pertandingan delapan besar Piala Presiden 2019, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019). ANTARA FOTO/Suwandy

"Kami belum menerapkan itu," kata Dirk Soplanit

Suara.com - Direktur PT Liga Indonesia Baru Dirk Soplanit menutup kemungkinan Liga 1 2019 menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Menurutnya, Liga 1 belum bisa menggunakan teknologi modern tersebut.

Padahal, kepemimpinan wasit di Liga Indonesia selalu menjadi sorotan. Tidak hanya di liga saja, turnamen pra musim Piala Presiden kepemimpinan wasit dipertanyakan.

Seperti laga perempat final antara Persija Jakarta kontra Kalteng Putra. Gol yang diciptakan pemain Kalteng Putra Patrich Wanggai dan penggawa Persija Bruno Matos berbau kontroversi.

Patrich Wanggai mencetak gol dengan menggunakan tangan. Sementara Matos mencetak gol dalam posisi offiside. Padahal, laga tersebut dipimpin wasit Thoriq Alkatiri yang dinilai terbaik di Indonesia.

Direktur PT Liga Indonesia Baru Dirk Soplanit (kiri) dan Ketua BOPI Richard Sambera (kanan). [Suara.com/Adie Prasetyo]
Direktur PT Liga Indonesia Baru Dirk Soplanit (kiri) dan Ketua BOPI Richard Sambera (kanan). [Suara.com/Adie Prasetyo]

Oleh karena itu, penggunaan VAR diyakini bisa membantu pengamatan wasit saat memimpin jalannya pertandingan. Namun Dirk Soplanit memastikan belum akan menggunakan VAR di kompetisi Liga 1 2019.

"Saya kira menurut pengamatan saya belum sampai ke situ. Kami belum menerapkan itu (VAR)," kata Dirk.

Sementara itu, Liga 1 2019 akan mulai bergulir pada 8 Mei mendatang. Partai antara Persija melawan Semen Padang akan menjadi pertandingan pembuka.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS