Tundukkan Alaves 0-2, Barcelona Kian Dekat dengan Gelar Juara

Bangun Santoso
Tundukkan Alaves 0-2, Barcelona Kian Dekat dengan Gelar Juara
Para pemain Barcelona merayakan kemenangan. [AFP/Javier Soriano]

Barcelona sempat kesulitan menembus ketatnya pertahanan skuad Deportivo Alaves

Suara.com - Barcelona sukses memetik kemenangan 2-0 kala bertandang ke markas Deportivo Alaves dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2018-2019, Rabu (24/4/2019) dini hari WIB.

Di babak pertama, Alaves mampu menahan gempuran anak-anak Barca. Namun akibat sejumlah kesalahan, gawang Alaves akhirnya bobol juga dua kali dijebol Barcelona. Dengan kemenangan ini, Barcelona pun kian dekat dengan gelar juara.

Jalannya pertandingan:

Seperti biasanya, Barcelona langsung mengambil inisiatif penguasaan bola dan mengurung pertahanan Alaves. Menit keenam, skuad asuhan Ernesto Valverde itu langsung menebar ancaman. Luis Suarez melepaskan tembakan ke arah gawang setelah mendapat umpan dari Philippe Coutinho, namun berhasil ditepis Fernando Pacheco. Bola muntah kemudian disambar Coutinho. Sayang, bola lagi-lagi berhasil diblok Rodrigo Ely.

Di babak pertama, Alaves tampil disiplin. Meski tak memperoleh banyak peluang, namun para penggawa Alaves mampu menahan gempuran para pemain Barca.

Pada menit ke-23 Barca kembali memperoleh peluang emas. Coutinho melakukan percobaan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti karena beberapa kali kesulitan menembus pertahanan Alaves. Akan tetapi, upaya tersebut masih gagal membuahkan gol karena bola bisa dibendung Pacheco.

Begitu pun yang terjadi di menit ke-29 kala Suarez melesatkan tembakan yang diarahkan ke pojok bawah gawang Alaves. Bola masih juga bisa ditepis Pacheco Hingga akhir babak pertama skor imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Barcelona langsung menyerang. Tak banyak memiliki peluang, skuad Alaves sempat mencuri kesempatan pada pada menit ke-51. Ruben Duarte melepaskan tembakan melengkung menuju gawang Barca. Akan tetapi, Ter Stegen masih bisa menghalaunya.

Kebuntuan baru terpecah di menit ke-54 kala Carles Alena mencatatkan namanya di papan skor. Setelah mendapat umpan dari Sergi Roberto, Alena mendapat celah untuk melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Pacheco yang mencoba membendung tembakan tersebut gagal menghentikan laju bola. Barca akhirnya unggul 1-0.

Tiga menit berselan Barca sebenarnya mampu menggetarkan jala gawang Alaves lagi. Gerard Pique melesatkan tembakan dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan tendangan bebas. Sayangnya, gol tersebut dianulir oleh wasit lantaran saat menerima bola, Pique sudah dalam posisi off-side.

Barca bisa menggandakan keunggulannya di menit ke-60. Kali ini gol dilesakkan oleh Suarez melalui eksekusi penalti. Alaves dihukum karena Tomas Pina kedapatan melakukan handball di kotak terlarang. Suarez yang maju sebagai algojo tanpa kesalahan melakukan eksekusi dan membawa Barca memimpin 2-0.

Susunan Pemain:

Deportivo Alaves: Fernando Pacheco; Carlos Vigaray, Ximo Navarro, Victor Laguardia, Rodrigo Ely, Ruben Duarte; Diego Rolan, Mubarak Wakaso, Tomas Pina, Jony; Borja Baston.

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Sergi Roberto; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Carles Alena; Ousmane Dembele, Luis Suarez, Philippe Coutinho.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS