Terungkap! Barcelona Sudah Bersiap Antisipasi Pensiunnya Lionel Messi

Arsito Hidayatullah
Terungkap! Barcelona Sudah Bersiap Antisipasi Pensiunnya Lionel Messi
Bintang dan kapten tim FC Barcelona, Lionel Messi. [JOSE JORDAN / AFP]

Fans mungkin tak membayangkan, tapi bahkan Presiden FC Barcelona sendiri sudah mengantisipasi jika tiba saatnya Lionel Messi pensiun.

Suara.com - Lionel Messi mungkin bintang paling top dunia yang saat ini dimiliki FC Barcelona, sekaligus pujaan utama para penggemar. Tapi ternyata tidak ada jaminan dia akan tetap memperkuat klub itu, dan karenanya FC Barcelona pun sudah segera bersiap jika Messi pensiun.

Hal itu ditegaskan oleh Presiden FC Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Menurut Bartomeu, sebagaimana dilansir Sport360 yang mengutip Reuters, perekrutan beberapa pemain papan atas termasuk Antoine Griezmann, merupakan bagian dari langkah antisipasi tersebut.

Dengan kata lain, Bartomeu memastikan bahwa FC Barcelona sudah siap mengantisipasi "hidup tanpa Messi". Pemain Argentina berusia 32 tahun itu sendiri sejauh ini masih dalam kondisi prima dan sama sekali belum memudar, namun Bartomeu tampaknya menyadari bahwa tak ada yang abadi.

Diketahui, sebelum Griezmann, Barcelona juga sudah merekrut beberapa pemain berbiaya tinggi dua musim terakhir, termasuk antara lain Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Meski keberadaan dan kontribusi mereka kerap jadi pertanyaan, namun Bartomeu mengisyaratkan bahwa itu sebenarnya adalah bagian dari rencana FC Barcelona jika Messi memutuskan pensiun.

"Saya kira kami memiliki kewajiban untuk menyiapkan rencana era pasca-Messi," ungkap Bartomeu. "Dan kami memang sudah memikirkan hal itu dengan merekrut beberapa pemain (bintang) baru," sambungnya.

"Sebagai presiden klub, saya berharap bahwa Leo (Messi) akan tetap bersama kami bertahun-tahun lagi. Tapi kami harus memikirkan (kemungkinan) perubahan ketika dia akhirnya memutuskan untuk tidak bermain lagi (pensiun)," jelas Bartomeu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS