Daftar Lengkap Kesepakatan di Penutupan Transfer Liga Inggris

Rully Fauzi
Daftar Lengkap Kesepakatan di Penutupan Transfer Liga Inggris
Logo Premier League alias Liga Inggris. [Shutterstock]

Bursa transfer musim panas 2019 untuk Premier League telah resmi ditutup.

Suara.com - Deadline day alias tenggat bursa transfer musim panas 2019 untuk Premier League resmi ditutup pada Kamis (8/8/2019) malam. Sederet klub Liga Inggris melakukan transaksi krusial di saat-saat terakhir.

Dua klub asal London Utara, yakni Arsenal dan Tottenham Hotspur menunjukkan ambisi mereka untuk musim 2019/2020.

Dua klub tersebut cukup menggeliat, di mana Arsenal mendatangkan Kieran Tierney dan David Luiz, sementara Tottenham resmi memboyong Ryan Sessegnon dan Giovani Lo Celso.

Laman resmi Premier League mencatat sejumlah kesepakatan transfer maupun perpanjangan kontrak yang tercapai pada hari pamungkas bursa transfer musim panas 2019 untuk Liga Inggris, berikut ringkasannya:

Arsenal

Arsenal merampungkan kepindahan fullback kiri Kieran Tierney dari jawara Skotlandia, Celtic FC.

Biaya transfer senilai 25 juta pounds pun membuat pemain berusia 22 tahun itu menjadi pemain termahal yang dibeli dari Liga Skotlandia, melampaui rekor transfer Moussa Dembele sebesar 20 juta pounds, yang dibeli OL juga dari Celtic pada tahun lalu.

Tierney diikat kontrak jangka panjang dan akan mengenakan nomor punggung 3 di skuat Arsenal.

Tak hanya itu, Arsenal juga mengonfirmasi kedatangan bek tengah David Luiz dari Chelsea.

Arsenal tak menyebut harga transfer Luiz, namun media-media Inggris melaporkan jika The Gunners membayar dana 8 juta pounds kepada Chelsea.

Pemain berusia 32 tahun itu bakal menggunakan nomor punggung 23 di Arsenal.

Leicester City

Leicester City mengonfirmasi kedatangan gelandang Timnas Belgia, Dennis Praet, yang dibeli dari Sampdoria dan diikat kontrak lima tahun.

Gelandang berusia 25 tahun itu jadi rekrutan keempat Leicester di musim panas 2019 ini setelah James Justin, Ayoze Perez dan Youri Tielemans.

Sheffield United

Tim promosi Sheffield United mengonfirmasi dua kesepakatan transfer di hari pamungkas, yakni gelandang Mohamed Besic dan kiper Michael Verrips.

Besic didatangkan Sheffield sebagai pemain pinjaman dari Everton, sedangkan Verrips didapatkan secara cuma-cuma usai kontraknya habis bersama klub Belgia KV Mechelen.

Tottenham Hotspur

Tottenham memastikan kedatangan dua dari empat target mereka di hari terakhir transfer, yakni Ryan Sessegnon dan Giovani Lo Celso.

Sessegnon dibeli Tottenham dari Fulham. Fullback lincah berusia 19 tahun itu diikat kontrak hingga 2025 dan akan mengenakan nomor punggung 19.

Sedangkan Lo Celso didapatkan Tottenham dari Real Betis dengan status pinjaman. Namun, gelandang serang Timnas Argentina itu wajib dipermanenkan pada akhir musim 2019/2020.

Keduanya membuat Tottenham telah merekrut empat pemain pada musim panas ini, setelah sebelumnya mendatangkan Tanguy Ndombele dan Jack Clarke.

Burnley

Burnley mencapai kesepakatan peminjaman jangka pendek gelandang Danny Drinkwater dari Chelsea.

Gelandang berusia 29 tahun jebolan akademi Manchester United itu akan berada di Burnley setidaknya hingga 6 Januari 2020.

Drinkwater jadi rekrutan ketujuh Burnley pada musim panas 2019 setelah Erik Pieters, Joel Senior, Jay Rodriguez, Ryan Coortey, Adan Phillips dan Bailey Peacock-Farrell.

Manchester City

Manchester City menambah deretan kiper mereka dengan meminjam Scott Carson dari Derby County selama satu musim penuh.

Kiper gaek yang merupakan eks kiper Liverpool itu jadi rekrutan keempat Man City setelah Angelino, Rodri, serta Joao Cancelo.

Newcastle United

Newcastle United mengonfirmasi kembalinya penyerang Andy Carroll yang dikontrak selama semusim ke depan. Carroll didapat secara gratis setelah ia dilepas West Ham United pada akhir musim lalu.

Newcastle juga mendapatkan bek kanan Emil Krafth dari klub Prancis, Amiens. Ia dikontrak empat tahun di Newcastle.

Keduanya membuat Newcastle menyelesaikan perekrutan tujuh pemain pada musim panas 2019, menyusul Joelinton, Kyle Scott, Jake Turner, Jetro Willems dan Allan Saint-Maximin.

Brighton & Hove Albion

Brighton & Hove Albion memastikan kedatangan Aaron Mooy dari Huddersfield Town yang dipinjam untuk semusim ke depan.

Playmaker internasional Australia itu jadi rekrutan ketujuh Brighton sepanjang musim panas, setelah Matt Clarke, Leandro Trossard, Taylor Richard, Lewis Freestone, Adam Webster, Neal Maupay dan Romaric Yapi.

Watford

Watford memecahkan rekor transfer demi mendapatkan pemain sayap Senegal, Ismaila Sarr dari klub Prancis Rennes.

Laporan media-media Eropa menyebut harga Sarr mencapai 25 juta pounds, dan pesepakbola berusia 21 tahun itu diikat kontrak lima tahun di Watford.

Sarr menyusul Craig Dawson dan Danny Welbeck yang sudah lebih dulu jadi rekrutan Watford pada musim panas 2019.

Aston Villa

Gelandang muda penuh potensi, John McGinn menyepakati perpanjangan kontrak dengan Aston Villa dan akan membuatnya bertahan di klub promosi itu selama lima tahun ke depan.

McGinn yang sempat dikaitkan dengan Manchester United di musim panas ini, berperan penting dalam keberhasilan Villa meraih tiket romosi ke Liga Inggris 2019/2020 dan dinobatkan sebagai pemain terbaik klub pilihan pemain maupun suporter pada musim lalu.

Villa secara keseluruhan cukup aktif di bursa transfer 2019. Klub asal Birmingham itu tercatat mendatangkan 12 pemain anyar termasuk Jota, Anwar El Ghazi, Matt Targett, Trezeguet dan Tom Heaton.

Southampton

Pemain terbaik versi internal klub Southampton pada musim 2018/2019 lalu, Nathan Redmond menyepakati perpanjangan kontrak di klub tersebut dengan durasi empat tahun.

Kesepakatan dengan Redmond menyusul perekrutan empat pemain yang diselesaikan Southampton pada musim panas ini, yakni Moussa Djenepo, Che Adams, Danny Ings dan Tommy Scott.

Everton

Everton mengumumkan keberhasilan memboyong winger Alex Iwobi dari Arsenal pada deadline day. Klub Merseyside itu tak mengungkap berapa nilai transfer Iwobi, namun media-media ternama Inggris menyebut jika bintang Timnas Nigeria itu dibeli seharga 35 juta pounds.

Yang menarik, kepastian transfer Iwobi ini diumumkan pada Jumat (9/8/2019) dini hari WIB, beberapa jam selepas bursa transfer di Inggris ditutup pada Kamis (8/8/2019) malam WIB.

Molornya kepastian transfer Iwobi ini dipercaya hanya masalah formalitas, yakni masalah administrasi saja. Karena itu, transfer tetap bisa rampung dan Iwobi pun kini resmi berkostum biru The Toffees --julukan Everton

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS