Piala Super Eropa Dipimpin Wasit Wanita, Begini Respons Klopp dan Lampard

Reky Kalumata
Piala Super Eropa Dipimpin Wasit Wanita, Begini Respons Klopp dan Lampard
Stephanie Frappart menunjukkan medali usai memimpin pertandingan Final Piala Dunia Wanita, Amerika Serikat vs Belanda di Stadion Lyon, Prancis, 7 Juli 2019. (CHRISTOPHE SIMON / AFP)

Stephanie Frappart akan memimpin pertandingan Piala Super Eropa 2019.

Suara.com - Jurgen Klopp dan Frank Lampard menyambut baik keputusan untuk menunjuk seorang wasit wanita dalam laga final Piala Super Eropa. Mereka menilai, ini merupakan langkah maju dalam dunia sepak bola terkini.

Sebagaimana diketahui, Stephanie Frappart akan menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Piala Super Eropa antara Chelsea kontra Liverpool. Duel tersebut rencananya akan digelar di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB.

Stephanie, yang berasal dari Prancis, akan didampingi oleh Manuela Nicolosi dari Perancis dan Michelle O'Neal dari Republik Irlandia. Ketiga wasit tersebut sama-sama bertugas di final Piala Dunia Wanita Juli lalu.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. [Oli SCARFF / AFP]
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. [Oli SCARFF / AFP]

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, percaya sudah saatnya seorang wanita menjadi wasit di pertandingan penting seperti ini. Sebab, para pejabat wanita telah membuat langkah positif dalam sepak bola pria Jerman.

"Jawaban saya akhirnya, saya pikir ini sudah saatnya. Bibiana Steinhaus di Jerman telah melakukannya," kata Jurgen Klopp, sebagaimana dikutip dari Sky Sports.

"Saya sangat senang kami bisa menjadi bagian dari momen bersejarah. Ini adalah keputusan yang sangat cerdas untuk memiliki seorang wanita menjadi wasit dalam pertandingan yang sangat penting di hadapan jutaan orang," lanjutnya.

"Saya cukup yakin, dengan semua emosi yang terlibat, kita semua akan berusaha untuk tidak membuatnya lebih sulit dalam pertandingan. Saya akan menunjukkan wajah terbaik saya, kalau tidak ibuku akan marah," ujarnya.

"Ini yang pertama, jadi mungkin itu membuatnya lebih istimewa, tapi saya harap itu bukan yang terakhir," tandas pelatih berusia 52 tahun itu.

Pelatih Chelsea, Frank Lampard. [Oli SCARFF / AFP]
Pelatih Chelsea, Frank Lampard. [Oli SCARFF / AFP]

Hal senada juga dilontarkan oleh manajer Chelsea, Frank Lampard. Ia menyebut bahwa wasit wanita memang harus lebih banyak terlibat dalam pertandingan besar, mengingat gelaran Piala Dunia Wanita di Prancis tahun ini berjalan sukses.

"Saya sangat senang menjadi bagian dari momen ini dalam sejarah, itu sangat tepat. Sepak bola telah berkembang jauh, termasuk di Piala Dunia Wanita, di mana banyak rasa hormat yang didapat dari pertandingan, berapa banyak orang yang menontonnya," ungkap Frank Lampard.

"Kami sangat senang menjadi bagian dari itu dan bahwa kami membuat langkah besar dalam pengembangan. Ini adalah momen bersejarah dan langkah lain ke arah yang benar," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS