Kongres Pemilihan Masih Tanda Tanya, Begini Komentar PSSI

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Kongres Pemilihan Masih Tanda Tanya, Begini Komentar PSSI
Logo PSSI [Antara]

FIFA meminta Kongres Pemilihan digelar sesuai jadwal.

Suara.com - Kepastian kapan digelarnya Kongres Pemilihan PSSI masih menjadi tanda tanya. PSSI hingga saat ini juga masih belum mengeluarkan keputusan kapan kongres tersebut akan digelar.

Sebelumnya, PSSI telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Kongres Pemilihan akan berlangsung pada Januari 2020. Namun, setelah digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) di Jakarta pada 27 Juli 2019 lalu, waktu Kongres Pemilihan pun berubah menjadi 2 November 2019.

Percepatan Kongres Pemilihan tersebut didasari oleh desakan dari para pemilik suara (voters). Melalui rapat darurat, Komite Eksekutif (Exco) sepakat mempercepat Kongres Pemilihan tersebut.

Namun, masalah baru muncul. Melalui surat, FIFA menyatakan keberatan jika Kongres Pemilihan dipercepat. FIFA tetap merekomendasikan acara tersebut digelar tetap sesuai rencana, yaitu pada Januari 2020.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengaku tengah mencari jalan keluar terkait masalah ini. Dalam waktu dekat, Exco PSSI berencana berembuk untuk membahas waktu Kongres Pemilihan.

"Komite eksekutif nanti akan segera memutuskan tanggal ditetapkan kongres pemilihan, namun apapun itu yang bisa kami hadirkan adalah peforma PSSI yang sudah kami tetapkan akan terus berjalan. Kami tidak ingin mengecewakan siapapun terutamanya partner kami dalam hal transisi dan itu pasti akan ditetapkan oleh komite Eksekutif. Pada kapannya nanti akan segera diumumkan," kata Tisha saat ditemui di JCC, Senayan, Rabu (21/8/2019).

"Komite Eksekutif akan melakukan rapat untuk bisa menyusun yang terbaik seperti apa, kemudian akan segera kami komunikasikan kepada FIFA. Tapi satu hal yang bisa PSSI pastikan adalah kami akan menghadapi agenda besar di akhir tahun. Kami pastikan apapun keputusannya PSSI akan menjalankan roda organisasi sebaik-baiknya," tambahnya.

Sebelumnya, PSSI melalui KLB pada 27Juli lalu telah memilih Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Namun, dua komite tersebut belum bisa bekerja lantaran belum adanya kejelasan pelaksanaan Kongres Pemilihan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS