Coba Beradaptasi di Persib, Kevin Van Kippersluis Belajar Bahasa Indonesia

Reky Kalumata
Coba Beradaptasi di Persib, Kevin Van Kippersluis Belajar Bahasa Indonesia
Kevin Van Kippersluis (tengah), Omid Nazari (kanan) dan Nick Kuipers (kiri) saat diperkenalkan manajemen Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Selasa (20/8/2019). Ketiganya akan memperkuat Persib pada putaran kedua Liga 1 2019. [Suara.com/Aminuddin]

Pemain berusia 26 tahun itu pun bicara gaya sepak bola Indonesia

Suara.com - Penyerang asing Persib Bandung Kevin Van Kippersluis mengaku sedang giat-giatnya belajar bahasa Indonesia. Menguasai bahasa Indonesia, tentu akan memudahkan pemain asal Belanda itu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungannya di Persib.

"Teman-teman sangat baik di tim. Kami berbicara beberapa kata dengan bahasa Inggris, tapi saya juga mencoba belajar bahasa Indonesia, beberapa kata saya sudah sedikit tahu, tapi saya mencoba belajar lebih," kata Kippersluis di Bandung, Kamis (5/9/2019).

Pemain berusia 26 tahun itupun mengaku gaya sepak bola Indonesia cukup berbeda dengan sepak bola di Belanda. Di Indonesia, kata dia, lebih banyak menggunakan kekuatan fisik dan laju bola bawah lebih mendominasi daripada bola atas.

Para pemain Persib Bandung melakukan latihan rutin di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/8/2019). [Suara.com/Aminuddin]
Para pemain Persib Bandung melakukan latihan rutin di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/8/2019). [Suara.com/Aminuddin]

"Ya setiap orang di sini sangat cepat, bermain rendah di permukaan sedangkan saya cukup tinggi tapi ya saya suka itu," jelasnya.

Eks pemain FC Utrecht itupun mengatakan masih terus melakukan adaptasi dengan gaya permainan sepak bola Indonesia. Adaptasi yang dia lakukan berjalan cukup lancar dan dia berharap akan secepatnya bisa beradaptasi.

"Adaptasi ya saya pikir itu bagus, itu cukup bagus dan kemenangan menjadi hal utama. Jadi selanjutnya tiga poin juga menjadi hal penting dalam pertandingan nanti," bebernya.

Susah mau sebulan Kevin berada di Bandung membuat dia kini cukup banyak mengenal kudapan khas Indonesia. Dia mengaku sangat menyukai nasi goreng.

Makanan yang dimasak dengan cara ditumis antara bahan utama nasi putih dicampur dengan aneka bahan seperti bumbu-bumbu khas dan campuran suwiran ayam itu, menjadi makanan yang tak boleh dilewatkan Kippersluis.

"Nasi goreng sangat enak dan sebenarnya di Belanda juga ada nasi goreng tapi gak sama kayak disini, tapi mirip lah. Yang pasti nasi goreng disini sangat enak," ungkapnya.

Kontributor : Aminuddin

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS