Setelah 40 Tahun, Perempuan Iran Akhirnya Ramaikan Pertandingan di Stadion

Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi
Setelah 40 Tahun, Perempuan Iran Akhirnya Ramaikan Pertandingan di Stadion
Wanita Iran saat menghadiri pertandingan Iran vs Kamboja. (Atta Kenare/AFP).

Wanita Iran sebelumnya dilarang menyaksikan laga secara langsung.

Suara.com - Pemandangan menarik terjadi dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, antara Timnas Iran melawan Kamboja di Stadion Azadi, Teheran, Kamis (10/10/2019) malam WIB. Ribuan wanita Iran berada di tribune penonton.

Ini adalah pemandangan langka di Iran. Sebab, mereka sebelumnya dilarang keras untuk menonton pertandingan sepak bola secara langsung di stadion. Larangan itu diatur oleh pemerintah pusat sejak 1979.

Namun, aturan tersebut telah dicabut oleh pemerintah Iran usai adanya insiden bakar diri dari seorang wanita bernama Sahar Khodayari, lantaran ketahuan menonton sepak bola.

Antusias para wanita Iran pun terlihat dalam pertandingan Iran vs Kamboja. Menurut data AFP, sebanyak 3500 wanita hadir dalam laga tersebut untuk memberikan dukungan.

Wanita Iran menyaksikan pertandingan Iran vs Kamboja. (Twitter/brfootball).
Wanita Iran menyaksikan pertandingan Iran vs Kamboja. (Twitter/brfootball).

Kehadiran para wanita Iran tampaknya memberikan dampak positif bagi tim asuhan Marc Wilmots. Pada laga itu, Iran berhasil meraih kemenangan telak 14 gol tanpa balas.

Karim Ansarifard berhasil mengemas empat golnya, Serdar Azmoun mencetak tiga gol, Mahdi Teremi dan Mohammed Mohebi masing-masing mengemas dua gol. Sementara tiga gol lainnya dilesakkan oleh Ahmad Naouralhi, Mehrdad Mohammadi, dan Hossein Kannanizadegan.

Kemenangan telak atas Kamboja membuat Iran memuncaki klasemen sementara Grup C dengan koleksi enam poin. Mereka unggul dua poin dari Iraq yang berada di posisi kedua.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS