Prediksi North West Derby: Manchester United vs Liverpool

Rully Fauzi
Prediksi North West Derby: Manchester United vs Liverpool
Stadion Old Trafford, Manchester milik Manchester United. [Shutterstock]

Manchester United akan menerima lawatan Liverpool di Old Trafford pada laga pekan kesembilan Liga Inggris, Minggu (20/10/2019).

Suara.com - Laga akbar North West Derby akan kembali tersaji dalam pekan kesembilan Liga Inggris 2019/2020. Sarat gengsi antara dua rival abadi, Manchester United akan menerima lawatan Liverpool di Old Trafford, Minggu (20/10/2019) malam WIB.

Jelang laga ini, kondisi kedua tim memang jauh berbeda bak bumi dan langit. Delapan matchweek telah dihelat musim ini, Manchester United dan Liverpool dipisahkan jarak yang cukup jauh.

Disebut-sebut tengah berada dalam masa krisis, Man United asuhan Ole Gunnar Solskjaer masih terdampar di peringkat ke-14 papan klasemen. The Red Devils terpaut 15 poin dari Liverpool yang kukuh di puncak.

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer di pinggir lapangan saat timnya menghadapi West Ham United dalam laga Liga Inggris 2019/2020 di London Stadium, Minggu (22/9/2019) malam WIB. [Ian KINGTON / AFP]
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. [Ian KINGTON / AFP]

Lebih mirisnya lagi, Man United saat ini hanya berjarak dua poin dari zona degradasi!

Dari lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, Man United juga hanya dua kali menang, itupun satu lewat adu penalti atas klub kasta ketiga kompetisi Inggris Rochdale di ajang Piala Liga Inggris.

Di sisi lain, Liverpool tengah kuat-kuatnya sebagaimana tim asuhan Jurgen Klopp melanjutkan performa apik mereka musim lalu.

Liverpool tengah dalam laju 17 kemenangan beruntun di pentas Liga Inggris. Jika menang atas Man United nanti malam, maka The Reds akan menyamai Manchester City sebagai tim pemegang rekor kemenangan terpanjang di kompetisi top-flight Inggris (18).

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp tersenyum saat timnya menjamu Leicester City dalam laga lanjutan Liga Inggris 2019/2020 di Anfield, Liverpool, Sabtu (5/10/2019) malam WIB. [Paul ELLIS / AFP]
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. [Paul ELLIS / AFP]

Liverpool pun saat ini memuncaki klasemen sementara liga dengan keunggulan mencapai lima poin dari pesaing terdekat mereka, yakni Man City yang ada di peringkat kedua. Meski demikian, Man City telah memainkan satu laga lebih banyak.

Belum cukup sampai di situ, tim asuhan Jurgen Klopp juga sukses menyapu bersih lima laga pamungkas mereka di semua ajang dengan kemenangan.

So, pantas jika Liverpool sangat diunggulkan untuk menjadi pemenang laga North West Derby di Old Trafford nanti, yang menjadi fenomena baru setelah sebelumnya Man United tentu selalu dijagokan kala bermain di kandang sendiri. 

Team News

Sudah jatuh tertimpa tangga, itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan Man United jelang melakoni North West Derby nanti malam.

Bagaimana tidak, usai moral tim sedang turun-turunnya usai melakoni start amburadul di musim 2019/2020 ini, Man United juga dipastikan tampil pincang saat menghadapi Liverpool nanti.

The Red Devils dipastikan tampil tanpa sang gelandang andalan, Paul Pogba serta kiper tangguh mereka, David De Gea. Keduanya mengalami cedera dan tak bisa pulih tepat waktu untuk laga akbar kontra Liverpool.

Pogba sudah absen sejak Man United tumbang di markas Newcastle United pada awal bulan ini.

Pogba mengalami masalah di bagian engkel kaki kanannya dan seperti dikonfirmasi manajer Man United, Ole Gunnar Solskjaer, bintang Timnas Prancis itu tak akan main lawan Liverpool.

Gelandang andalan Manchester United, Paul Pogba tampil pada laga pekan kedua Liga Inggris 2019/2020 kontra Wolves di Molineaux Stadium, Selasa (20/8/2019) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]
Gelandang Manchester United, Paul Pogba. [Paul ELLIS / AFP]

"Selama jeda internasional kemarin, Paul menjalani terapi pemulihan di Dubai (Uni Emirat Arab). Namun, proses recovery-nya agak tersendat," ungkap Solskjaer pada konferensi pers jelang laga lawan Liverpool, seperti dimuat Sky Sports.

"Mudah-mudahan dia segera bermain lagi, namun dia tidak akan kembali untuk laga lawan Liverpool. Tidak, Pogba belum bisa tampil," tegas pelatih yang dijuluki The Baby Face Assasin saat masih memperkuat Man United sebagai pemain tersebu..

Selain Pogba, Man United juga harus kehilangan De Gea yang notabene juga merupakan pemain kunci bagi The Red Devils.

Kiper berusia 28 tahun itu harus menepi lantaran cedera paha yang dialami saat memperkuat Timnas Spanyol di laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020, tengah pekan ini.

Kiper Timnas Spanyol, David de Gea (tengah) dibantu keluar lapangan oleh dua tim medis saat menghadapi Swedia pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020, Rabu (16/10/2019). (Twitter/@brfootball)
Kiper Timnas Spanyol, David De Gea (tengah) dibantu keluar lapangan oleh dua tim medis saat main di laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Swedia. (Twitter/@brfootball)

"David masih butuh pemindaian untuk cederanya. Namun, saya cukup yakin dia akan absen lawan Liverpool. Setidaknya terlihat seperti itu," kata Solskjaer.

Dengan absennya De Gea, kiper kedua Sergio Romero tentu bakal melakoni penampilan perdananya di Liga Inggris musim ini, setelah sebelumnya hanya main di pentas Liga Europa dan Piala Liga Inggris.

Beralih ke kubu Liverpool, centre-back Joel Matip menyatakan siap diturunkan usai pulih dari cedera benturan.

Bek internasional Kamerun itu mengalami cedera ketika Liverpool menang 1-0 atas Sheffield United pada 28 September lalu.

Matip sendiri telah absen saat Liverpool menang 4-3 melawan RB Salzburg di Liga Champions dan menang 2-1 atas Leicester City di liga domestik, sebelum jeda internasional yang baru lewat ini.

"Saya telah berlatih dan berharap terus fit. Saya kembali berlatih dan merasa jauh lebih baik. Dan tentunya, saya siap dimainkan apabila dibutuhkan," tutur Matip seperti dilansir laman resmi Liverpool.

Bek Liverpool Joel Matip (tengah) merayakan golnya ke Arsenal bersama rekan setimnya dalam laga Liga Inggris di Anfield. Ben STANSALL / AFP
Bek Liverpool, Joel Matip (tengah). Ben STANSALL / AFP

Ya, Matip telah berlatih di Melwood --pusat latihan Liverpool-- pekan ini. Di lini belakang Liverpool, sosok Matip memang tidak tergantikan bersama Virgil van Dijk di awal musim ini

"Cedera bisa dialami pemain manapun. Sekarang saya telah pulih dan berharap bisa terus bugar, serta bisa mempertahankan kondisi positif ini," ucap bek berusia 28 tahun itu.

Kabar baik lainnya, kiper andalan Liverpool, Alisson Becker juga sudah kembali berlatih bersama tim dan siap merumput, pasca absen panjang lantaran cedera betis yang dialaminya pada laga pembuka Liga Inggris 2019/2020 kontra Norwich City.

Head-to-Head

Man United masih unggul atas Liverpool dalam rekor pertemuan secara keseluruhan. Man United tercatat menang 88 kali, sementara Liverpool mengantongi 76 kemenangan.

Pada Februari 2019, hasil imbang ke-66 tercipta sepanjang sejarah pertemuan kedua tim, sebagaimana Man United bermain seri 0-0 di Old Trafford pada laga Liga Inggris musim lalu.

Suasana laga pekan ke-27 Liga Inggris 2018/2019 antara Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Minggu (24/2/2019) malam WIB. [Oli SCARFF / AFP]
Suasana laga pekan ke-27 Liga Inggris 2018/2019 antara Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Minggu (24/2/2019) malam WIB. [Oli SCARFF / AFP]

Hasil imbang tersebut sejatinya layak sangat disesali Liverpool lantaran armada Jurgen Klopp akhirnya harus merelakan gelar juara Liga Inggris direbut Man City, setelah hanya terpaut satu poin di klasemen akhir!  

5 Pertandingan Terakhir di Semua Kompetisi

Manchester United

West Ham United 2-0 Manchester United (22/9/2019)

Manchester United 1-1 Rochdale *(5-3) (25/9/2019)

Manchester United 1-1 Arsenal (30/9/2019)

AZ Alkmaar 0-0 Manchester United (3/10/2019)

Newcastle United 1-0 Manchester United (6/10/2019)

Liverpool

Chelsea 1-2 Liverpool (22/9/2019)

MK Dons 0-2 Liverpool (25/9/2019)

Sheffield United 0-1 Liverpool (28/9/2019)

Liverpool 4-3 Red Bull Salzburg (2/10/2019)

Liverpool 2-1 Leicester City (5/10/2019)

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United XI (4-2-3-1): Romero; Dalot, Tuanzebe, Maguire, Young; McTominay, Fred; Andreas, Lingard, James; Rashford. 

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)

Liverpool XI (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS