Ronaldo Cetak Hat-trick, Portugal Gilas Lithuania 6-0

Reky Kalumata
Ronaldo Cetak Hat-trick, Portugal Gilas Lithuania 6-0
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan golnya ke gawang Lithuania dengan rekan setimnya, Bernardo Silva saat kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B (L) di Algarve stadium, Faro, PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP

Portugal belum memastikan lolos

Suara.com - Cristiano Ronaldo sukses mencetak hat-trick saat membantu Portugal mencukur Lithuania dengan skor 6-0 pada laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Pada pertandingan di Stadion Algarve, Portugal, Jumat (15/1/2019) dini hari WIB, Ronaldo mencetak trigol, gol Portugal lainnya dicetak Pizzi, Goncalo Paciencia dan Bernardo Silva.

Hasil itu membuat Portugal tidak beranjak dari posisi kedua Grup B di bawah Ukraina yang telah lebih dulu memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan golnya ke gawang Lithuania pada kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B di Algarve stadium, Faro, PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan golnya ke gawang Lithuania pada kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B di Algarve stadium, Faro, PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP

Nasib Portugal ditentukan hingga laga terakhir saat melawan Luksemburg pada Minggu (17/11/2019). Pasalnya, Serbia menang 3-2 atas Luksemburg sehingga mereka terpaut satu poin dari Portugal di posisi tiga.

Jalannya Pertandingan

Portugal langsung menekan sejak awal pertandingan. Ancaman Cristiano Ronaldo dengan sundulannya masih berada di atas gawang Lithuania saat laga baru berjalan empat menit.

Tiga menit berselang, Portugak mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Saulius Mikolina kepada Ronaldo. Sementara Ronaldo sendiri yang menjadi eksekutor dan melakukan tugasnya dengan baik guna membuat Portugal memimpin 1-0.

Pada menit ke-22. Ronaldo mencetak gol keduanya lewat tembakannya dari luar kotak penalti setelah menyambut umpan sontekan pendek Pacineca dari tengah lapangan. Skor 2-0 bagi Portugal bertahan hingga turun minum.

Portugal kembali melanjutkan tekanannya di babak kedua. Pada menit ke-52, Pizzi sduah berhasil membuat Portugal unggul 3-0 lewat sepakannya setelah melakukan tusukan dari sisi kanan gawang.

Goncalo Paciencia mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-56. Ia berhasil menyambar bola muntah Silva yang ditahan kiper Ernestas Šetkus ke dalam gawang guna membuat Portugal unggul 4-0.

Pada menit ke-63, Bernardo Silva membuat Portugal unggul 5-0. Berawal dari umpan Ricardo Pereira di sisi kiri, pemain Manchester City tersebut mengontrol bola di kotak penalti dan menendang bola ke dalam gawang Lithuania.

Dua menit kemudian, Ronaldo mencatatkan hat-tricknya bagi Portugal. Ia melepaskan sepakan kerasnya setelah mendapatkan umpan dari Silva guna membuat Portugal unggul 6-0.

Hingga akhir laga, Portugal tetap unggul 6-0 atas Lithuania

Susunan Pemain:

Portugal: Rui Patricio; Ricardo Pereira, Ruben Dias, Jose Fonte, Mario Rui; Ruben Neves, Bruno Fernandes (Joao Moutinho 72'), Pizzi; Cristiano Ronaldo (Diogo Jota 83'), Goncalo Paciencia, Bernardo Silva (Bruma 66')

Lituania: Ernestas Setkus; Vytautas Andrius Kevicius, Edvinas Girdvainis, Markus Palionis, Saulius Mikoliunas; Mantas Kuklys (Deivydas Matulevicius 57'), Domantas Simkus, Vykintas Slivka; Paulius Golubickas (Justas Lasickas 72'), Fedor Chernykh (Donatas Kazlauskas 80'), Arvydas Novikovas

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS