Mertesacker Ingin Mikel Arteta Gantikan Unai Emery di Arsenal

Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi
Mertesacker Ingin Mikel Arteta Gantikan Unai Emery di Arsenal
Mantan kapten Arsenal yang kini menjabat sebagai asisten pelatih di Manchester City (AFP / Paul ELLIS)

Arteta selama tiga tahun terakhir menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City.

Suara.com - Manajer akademi Arsenal, Per Mertesacker, punya usulan kandidat andai The Gunners mendepak Unai Emery. Ia ingin manajemen Arsenal menunjuk Mikel Arteta sebagai pengganti.

Nasib Unai Emery di Arsenal kabarnya sudah berada di ujung tanduk. Kondisi itu tidak lepas dari performa Mesut Ozil dan kolega yang jeblok.

Di Liga Primer Inggris 2019/2020, Arsenal baru empat kali meraih kemenangan, lima kali imbang, dan menelan tiga kekalahan dari 12 pertandingan.

Catatan tersebut membuat Arsenal tercecer di posisi enam klasemen sementara. Apabila tidak ada perbaikan hingga Januari 2020, Unai Emery digosipkan bakal dipecat.

Jika itu terjadi, Per Mertesacker berharap Mikel Arteta bisa menjadi pengganti. Sebab, mantan kapten Arsenal itu dinilai yang paling cocok menangani Arsenal saat ini.

"Saya adalah wakil Arteta ketika ia menjadi kapten Arsenal. Saya sangat mengenalnya. Kami memiliki ikatan yang kuat. Saya beberapa kali berdiskusi dengannya mengenai kondisi tim," kata Arteta kepada FourFourTwo.

"Saya sangat menantikan untuk kembali bekerja sama dengan Arteta," tuturnya menambahkan.

Arteta sendiri selama ini menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City. Setelah tiga tahun belajar dari mantan pelatih Barcelona itu, Arteta dinilai sudah saatnya naik kelas untuk menjadi manajer.

Di sisi lain, di Liga Primer Inggris juga sedang tren sebuah klub menunjuk mantan pemainnya sebagai pelatih. Ole Gunnar Solskjaer bersama Manchester United dan Frank Lampard di Chelsea adalah contohnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS